Senin, 23 November 2015 - 20:47:36 WIB

Menjelajah Handset 4K yang Ber "Mata" Tajam

Diposting oleh : bro_rompis
Kategori:

Tren perkembangan smartphone beresolusi 4K kian memikat, terlebih smartphone beresolusi tinggi ini digunakan sebagai senjata utama oleh rumah produksi Rrexinema untuk menciptakan film layar lebar bertajuk Cai Lan Gong.

Beritaklik.Com - Industri film yang dahulu dikenal mengusung teknologi tertinggi untuk pembuatan film belakangan terdengar sangat "mudah". Hal ini disebabkan, tak hanya jenis kamera konvensional saja yang dapat menghasilkan gambar dan detail yang indah. Untuk seukuran kamera di smartphone, kini dapat berkontribusi pula pada industri film, seperti yang telah dibuktikan oleh rumah produksi yang banyak melahirkan film layar lebar box office bergenre horor Rexinema melalui proyek layar lebar bertajuk Cai Lan Gong. Film yang telah ditayangkan pada 22 Oktober lalu ini diklaim sebagai film layar lebar pertama yang direkam dengan menggunakan smartphone.

Untuk pemilihan handset-nya sendiri, mereka menggunakan Samsung Galaxy Note 4 dan Note 5.Fitur di kedua gadget flagship ini memang terbilang sangat berkualitas, meski dibanderol "mahal" gadget ini telah mendukung resolusi 4K. Sedangkan bioskop di Indonesia masih mengenakan resolusi 2K. Alhasil jika, video yang diambil memiliki resolusi 4K dan ditampilkan dalam layar 2K, maka gambar yang dihasilkan menjadi sangat tajam, detailnya gambarnya pun akan terlihat sangat baik. Untuk ketajaman kamera di Galaxy Note 4 dan Note 5, tidak memiliki perbedaan yang cukup berarti, bahkan keduanya terlihat hampir sama di mana Note 4 memakai kamera utama beresolusi 16 MP, sensor IMX240 buatan Sony, aperture F2.2, OIS, serta 4K video. Adapun Galaxy Note 5 memakai kamera utama 16 MP, sensor Sony IMX240, F1.9 aperture, OIS, dan kemampuan rekam video 4K.

Co-produser Cai Lan Gong, Derryl Imanalie yang juga menjadi pencetus pertama ide untuk membuat film bioskop dengan smartphone dalam memproduksi film ini, menggunakan 4 smartphone sekaligus. Yakni 2 unit Galaxy Note 4 dan 2 unit Galaxy Note 5.

"Fitur yang kami favoritkan selain kemampuan rekam video 4K adalah lensa yang mampu menangkap warna dan gambar lebih detail dalam pencahayaan rendah, serta kapasitas baterai besar dengan teknologi fast charging yang membuat proses isi daya lebih cepat," ungkap Derryl.

Tentu saja untuk mendapatkan hasil profesional yang layak tayang di bioskop, kedua Galaxy Note tersebut harus dilengkapi berbagai rig tambahan seperti tripod, lensa profesional, lighting equipment, bahkan drone untuk mengambil aerial view. Jadi tidak hanya memanfaatkan kamera bawaanya saja.

Pilihan Lain untuk Anda

Tak cuma kedua ponsel dari Samsung saja yang telah mendukung kemampuan fitur 4K. Namun, beberapa vendor juga telah memikirkan bahkan merilis produk terbarunya dengan mengusung kemampuan serupa. Pabrikan ponsel yang mulai merintis beberpa produk unggulannya dengan bekalan layar berkualitas 4K atau Quad HD (Quad High Definition) sudah dapat dipastikan dapat menyajikan kualitas gambar yang sempurna. Berikut jajaran ponsel berkemampuan 4K yang dapat Anda temui dipasaran.

Sony Xperia Z5 premium

Sony baru-baru ini telah resmi meluncurkan serangkaian produk Xperia Z5 di Indonesia. Salah satu yang menarik dari ketiga produk Xperia ini ialah Z5 premium. Smartphone 4K pertama di dunia dengan tampilan 4K Triluminos 5.5 inchi yang tajam ini di gadang-gadang memiliki akurasi yang sangat detail. Semua konten favorit yang Anda miliki akan Xperia Z5 Premium tingkatkan kualitasnya, entah itu dari foto atau video yang Anda hasilkan maupun gambar yang Anda dapatkan dari pihak ketiga, seperti Youtube misalnya. Xperia Z5 Premium bakal tingkatkan detilnya dengan kualitas 4K. Dan yang paling menarik, Xperia Z5 Premium dirancang untuk memungkinkan Anda berkreasi dengan menangkap gambar 4K dan segera menikmati konten pada Z5 Premium, dengan pilihan penyimpanan momen apa saja dalam kualitas gambar 8MP.

Memang pada awalnya Xperia Z5 Premium ini sengaja dirancang sebagai ponsel yang berkinerja tinggi, lihat saja pada spesifikasinya yang sangat memadai seperti, prosesor Snapdragon 810, baterai berkapasitas besar 3430 mAh yang dapat bertahan hingga dua hari. Selain itu, Xperia Z5 Premium juga dilengkapi dengan internal memori sebesar 32GB, dan dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan melalui menambahkan kartu memori (microSD), hingga 200GB.

Menurut Jason Smith, Director & Market Head Sony Mobile Communication Indonesia, mengungkapkan ada tiga fokus yang dihadirkan dalam jajaran Xperia ini salah satuya ialah pada bagian kamera, "kamera dan desain itu sangat penting karena semua orang peduli dengan hal itu," katanya.

Oleh sebab itu, Sony meng-upgrade produknya dengan kamera beresolusi 23 megapiksel dari pendahulunya yang hanya memiliki kamera beresolusi 20,7 megapiksel, dan kemampuan ini menjadi sangat penting bagi Xperia Z5 Premium untuk memaksimalkan kemampuan 4K-nya.


LG G4

Produk yang satu ini merupakan andalan LG, hadir dengan menyuguhkan tampilan layar seluas 5.5 inch dengan resolusi 4K 1440 x 2560, G4 tergolong cukup gahar untuk sekelas ponsel yang mengusung 4K. Lalu, ponsel ini di tawarkan juga dengan Ram 3GB dengan dukungan processor Octa Core ( Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 ) yang berjalan dengan chipset Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 dan GPU Adreno 418 dengan kemampuan tersebut, Anda juga dapat gaming dan menonton video berkualtias HD. Xiaomi Mi Note Pro Produk besutan perusahaan asal Tiongkok ini juga menyamatkan kemampuan 4K kedalam.

Xiaomi Mi Note Pro

Handset ini memiliki bentang layar 5.7 inch 1440 x 2560 pixels dengan tingkat kerapatan layarnya mencapai 515 ppi. Keistimewaan yang di bawakan pada ponsel ini juga terdapat pada kapasitas Ram4GB, otak kerja Octa Core 64 Bit bersama dengan pengolah grafis GPU Adreno 430. Selain itu, keunggulan Mi Note Pro terletak juga pada lensa utama 13 MP dan lensa kedua 4 MP yang dapat menghsilkan foto berkualitas.

Motorola Nexus 6

Motorola belum lama ini juga telah menghadirkan Google Nexus 6 di Indonesia. Produk yang satu ini menyertakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 805 dengan CPU Quad-core 2.7 GHz Krait 450 dan GPU Adreno 420. Pada sisi layarnya, mereka telah mengemasnya dengan kuaitas 4K dengan penggunaan panel AMOLED seluas 5.96 inch 1440 x 2560 pixels dengan kepadatan 493 ppi serta sudah di lapisi Corning Gorilla Glass 3. Lalu pada bagian kameranya terdapat 2 MP untuk berselfi, dan kamera utama sebesar 13 MP. (Bki)




Isi Komentar :
redaksiberitaklik