Selasa, 05 Januari 2016 - 22:36:14 WIB

7 Pekerjaan Untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

Diposting oleh : bro_rompis
Kategori:

Ilustrasi.

Beritaklik.Com - Seiring dengan berkembangnya jaman, kebutuhan dunia kerja akan para pelaku Ilmu Komunikasi di dalam negeri semakin meningkat.

Hal itu membuat para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), memilih program studi Ilmu Komunikasi, ketika melanjutkan jenjang pendidikan ke S1.

Studi Ilmu Komunikasi, memiliki berapa cabang ilmu yaitu, konsentrasi strategis yang didalamnya mempelajari public relations, advertising, marketing communication. Atau konsentrasi jurnalistik yang didalamnya mempelajari jurnalistik, komunikasi massa, broadcasting dan masih banyak lagi.

Lantas, apa saja bidang kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini ?

1. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Seorang Humas mempunyai peran sebagai perwakilan bagi perusahaannya, menciptakan citra yang baik bagi perusahaannya, dan menjalin hubungan yang baik dan harmonis, antara perusahaan tempatnya bekerja dengan klinnya.

Selain itu Humas juga berperan untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada masyarakat, demi kepentingan menciptakan citra yang baik bagi perusahaan.

2. Jurnalis

Jurnalis adalah profesi yang bertugas mengemas informasi yang memiliki nilai berita menjadi produk jurnalistik untuk disebarkan luas ke masyarakat.

Bagi mereka yang ingin menekuni profesi ini, dapat mempelajari bidang studi jurnalistik di Ilmu Komunikasi. Disana nantinya akan diajarkan mengenai cara mengemas informasi menjadi produk jurnalistik, industri media, kode etik profesi, dan sebagainya.

3. Announcer atau Presenter

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Untuk menjadi seorang announcer dan presenter tentu saja dibutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

4. Event Organizer

Merancang suatu kegiatan, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acara sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, merupakan beberapa pekerjaan yang harus dilakoni oleh seorang event organizer.

Disinilah lulusan ilmu komunikasi berperan. Lewat perwujudan sebuah acara ini event organizer diharapkan dapat mengkomunikasikan pesan-pesan yang dimaksud oleh klien.

5. Praktisi periklanan

Untuk mepromosikan sebuah produk atau jasa sebuah perusahaan melalui iklan dengan efektif, dibutuhkan orang yang memahami cara-cara berkomunikasi yang baik selain memiliki ide-ide kreatif.

Mereka berusaha untuk mempengaruhi opini publik mengenai suatu produk dengan menciptakan iklan-iklan yang kreatif dan inovatif.

Hal itu dapat dipelajari dalam bidang studi periklanan dalam Ilmu Komunikasi.

6. Marketing Communications

Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis dikantor. Mereka dapat menyusun strategi-strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan sehingga dapat memasarkan produknya sesuai target yang ditentukan.

7. Master of Ceremony (MC)

MC merupakan suatu unsur penting dalam jalannya suatu acara, dimana MC berperan sebagai pemandu jalan bagi suatu acara. (Bki)




Isi Komentar :
redaksiberitaklik