Lukman Edy akan Kirim Sarjana Riau ke Eropa

Sabtu, 05 Januari 2013

Beritaklik

Pekanbaru.Lukman Edy, bakal calon Gubernur Riau menegaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) anak-anak Riau menjadi prioritas kebijakannya jika diberi amanah menjadi Gubernur Riau. LE mengungkapkan, Riau harus memiliki SDM yang unggul di masa depan. Karena itu salah satu kebijakannya adalah mendorong dan mendukung sedikitnya 500 anak Riau untuk melanjutkan pendidikan S2 (magister) atau S3 (doktor) ke universitas ternama di dunia seperti Inggris, Jerman dan Amerika.

"Jangan ada keraguan untuk mengirim anak-anak kita ke universitas-universitas terbaik di dunia, karena kita ingin generasi kita kedepan menjadi pemimpin yang siap menghadapi persoalan-persoalan global," ujar LE.

LE mengatakan, selama ini sedikit sekali anak-anak Riau yang punya kesempatan menempuh pendidikan ke universitas di eropa. Padahal banyak anak-anak Riau yang punya prestasi dan kemauan.

"Mereka punya prestasi, tapi biasanya terkendala masalah finansial, dan itu menjadi tugas kita untuk mensupportnya," kata mantan Menteri PDT itu.

Langkah serupa, mengirim anak-anak daerah ke universitas ternama di eropa sejauh ini ungkap LE sudah dilakukan Pemda Aceh.

"Aceh setiap tahun mengirim sarjananya ke Eropa, baik Jerman, Inggris atau Amerika, kita bisa bayangkan dalam beberapa tahun kedepan berapa banyak doktor yang dimiliki Aceh? Dan itu memberi effek positif bagi daerah," tegasnya.

Gagasan LE itu disambut baik Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, al Azhar. Al, bahkan menyebut hal itu sebagai bagian dari upaya mendorong transformasi (perubahan) yang positif bagi daerah. Al Azhar yang pernah kuliah di Belanda juga mengatakan, bahwa saat ini sedikit sekali doktor yang dicetak Riau setiap periode kepemimpinan kepala daerah.

"Sejak otonomi, jumlah doktor yang kita hasilkan masih sangat sedikit, sehingga gagasan LE seperti itu menjadi hal positif yang patut didukung," katanya. (rel)