PT ARARA ABADI SMF LAKUKAN PELATIHAN MITIGASI KONFLIK MANUSIA DAN HARIMAU

Selasa, 06 Mei 2014

Kepala BBKSDA Riau Ir. Kemal Amas, M.Sc didampingi oleh Pimpinan Public Relations PT Arara Abadi-SMF Ir. Nurul Huda,MH, GM Forestry Enviroment Division Aliasalil dan Pimpinan HariamauKita Aryo.T.Wibisono ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara

Siak, Beritaklik.Com - Konflik antara manusia dan satwa liar (harimau) yang terjadi akhir-akhir ini cendrung meningkat, konflik ini merupakan masalah kompleks karena dapat mengakibatkan kerugian materi dan malahan dapat menyebabkan korban jiwa manusia atau terbunuhnya satwa liar, yang akhirnya dapat menurunkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi satwa liar.

Semangkin tingginya intensitas konflik yang terjadi seharusnya mendorong pemerintah dan para pihak terkait lebih bijaksana dalam memahami kehidupan satwa liar terutama harimau sehingga tindakan penanganan dan pencegahannya dapat dilakukan dengan lebih optimal berdasarkan akar permasalahan konflik itu.

Berangkat dari kajian konflik ini, APP (Asia Pulp & Paper) melalui PT Arara Abadi (AA) dan Mitra2 Perusahaan Sinarmas Forestry (SMF) Wilayah Riau Bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Forum Peneliti dan pemerhati harimau Sumatera "HarimauKita" melaksanakan Pelatihan Mitigasi Konflik Manusia dengan Harimau Di Lansekap Hutan Produksi dari tanggal 6-9 Mei 2014 bertempat di BPPM (Balai Penelitian dan Pengembangan Masyarakat) PT Arara Abadi-Sinarmas Forestry Desa Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau pada Tgl.06/05/2014.

Pelatihan Mitigasi ini diikuti 25 Orang peserta dari staff perusahaan dan BBKSDA yang juga dihadiri oleh Kepala BBKSDA Riau, Ir.Kemal Amas, M.Sc. Pimpinan SMF H. Alias Jalil, Kepala Flagship SMF Yuyu Arlan, Public Relation PT. AA-SMF Ir. Nurul Huda,MH, APP, Noubbie Afransyah ,Pimpinan LSM HariamauKita Haryo.T. Wibisono.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas staff perusahaan sektor kehutanan dalam upaya mitigasi konflik manusia dengan harimau serta satwa liar lainnya yang mana outputnya nantinya diharapkan dapat menurunkan potensi terjadi konflik harimau dan manusia.

1.
Sambutan Kepala BBKSDA (Ir. Kemal Amas,M.Sc.)

- Mengucapkan terimakasih kepada perusahaan PT AA dan Sinarmas Forestry atas kepedulian perusahaan dalam penyelamatan habitat hewan yang dilindungi ini.
-
Issue kerusakan lingkungan dan pemanasan global harus menjadi perhatian semua pihak termasuk perusahaan-perusahaan.
-
Konsep pembangunan harus memperhatikan: Sosial, Lingkungan, dan Ekosistim.
-
Sesuai SK Dirjend PHKA No. 132/2011 dari 14 spesies hewan yang dilindungi, maka 2 diantara berada di Provinsi Riau yaitu : Gajah dan Harimau.
-
Penanganan konservasi tidak hanya bisa dilakukan oleh satu lembaga saja, tetapi harus semua lembaga yang punya komitmen yang tinggi didalam konservasi ini.

2.
Sambutan Pimpinan Sinarmas:

-
Perusahaan selama ini punya komitmen yang tinggi untuk penyelamatan hewan-hewan yang dilindungi yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik pemerintah melalui BBKSDA, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten termasuk LSM-LSM diantaranya HarimauKita ini.
-
Kita sangat berterimakasih kepada pihak LSM dan Pemerintah atas dukungan yang diberikan kepada perusahaan dalam melaksanakan pelatihan Mitigasi ini.

3.
Sambutan Aryo. T. Wibsono (LSM HarimauKita)

-
Menyampai salut dan terima kasih atas bukti kepedulian perusahaan didalam penanganan konflik antara manusia dan hewan liar seperti harimau ini.
-
Perlunya diperkuat kapasitas perusahan didalam penyelesaian kondlik ini.
-
Diharpakan semua pihak dapat bekerjasama dan membuat koridor nya.

Diantara materi-materi Latihan Mitigasi ini yaitu:


-
Ekologi dan Status Konservasi Harimau

- Identifikasi tiger sign dan satwa liar lainnya.

- Pedoman Penanggulangan Konflik manusia dan Harimau serta penanganannya.
- Kiat-kiat mitigasi untuk menghindari konflik harimau dengfan manusia di hutan produksi dll.
- Serta juga diskusi kelompok dan praktikum pembuatan meriam paralon. (Bk.1)

Keterangan Foto : Kepala BBKSDA Riau Ir. Kemal Amas, M.Sc didampingi oleh Pimpinan Public Relations PT Arara Abadi-SMF Ir. Nurul Huda,MH, GM Forestry Enviroment Division Aliasalil dan Pimpinan HariamauKita Aryo.T.Wibisono ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Mitigasi Konflik Manusian dan Harimau.