Mobil Putin syarat dengan teknologi canggih Tahan Ledakan dan Ranjau Darat

Rabu, 07 Mei 2014

Mobil Zil-4112p.

Beritaklik.Com - Semua presiden dan pejabat tinggi di berbagai negara pasti mendapat fasilitas mobil untuk perjalanan dinas mereka. Demikian juga Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Bila Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menggunakan fasilitas mobil Limousine yang dikenal dengan sebutan Cadillac One, Putin justru memilih kendaraan buatan dalam negeri yang bernama New Zil-4112p.

Keputusan itu ditempuh lantaran Putin merasa mobil yang digunakan Obama lebih mirip kapal seram yang menakutkan. Ia pun kemudian menugaskan ahli teknologi dalam negeri untuk membuatkan mobil istimewa untuk dirinya.

Kendati buatan lokal, mobil yang dikendarai Putin bukan tanpa teknologi canggih. Direktur produksi spesial Zil, Mikhail Sattarov, mengatakan, mobil yang digunakan Putin memiliki desain yang lebih modern.

Seperti dikutip Autoblog, Zil limo yang ditunggangi Putin merupakan kendaraan lapis baja yang antipeluru meski ditembak dengan senjata berkaliber tinggi. Bahkan, mobil ini mampu bertahan dari ranjau darat serta ledakan.

Tak hanya itu, kendaraan dinas Putin juga dibekali teknologi rahasia dan fitur keamanan lengkap dan unik. "Ini adalah mobil baru, prototipe pertama dari seri terbaru, dan bukan mobil anti-peluru bertampang kaku seperti produksi sebelumnya. Mobil ini juga berbeda dengan kendaraan Obama yang lebih mirip kotak sabun atau kapal selam yang menyeramkan," terang Sattarov.

Mobil yang digunakan Putin memiliki bobot 3,5 ton dengan perbekalan mesin 7.7 liter. Meski berukuran besar dan memiliki enam pintu, mobil ini mampu berlari hingga 200 km/jam.

Bicara interior, mobil ini dibuat mewah dengan lapisan kulit dan layar TV yang terhubung dengan kamera video eksternal yang akan memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mobil. Sumber : viva.co.id (Bki)


Keterangan Foto : Mobil Zil-4112p.