Daftar Panjang Aksi Teror Boko Haram

Senin, 12 Mei 2014

Militan Boko haram memaksa lebih 100 murid perempuan masuk ke sejumlah bus, van, dan truk yang beriringan pergi, diiringi armada motor.

Abuja, Beritaklik.Com - Kelompok teroris Boko Haram sedang santer menjadi pemberitaan. Sebab baru-baru ini kelompok tersebut menculik lebih dari 200 murid perempuan dari sebuah sekolah di Borno, Nigeria. Siapakah sebenarnya kelompok Boko Haram tersebut? Berikut sekilas ulasan terkait kelompok tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Boko Haram dalam bahasa Hausa berarti "pendidikan Barat haram." Organisasi militan dan teroris Islam yang bermarkas di Nigeria timur laut, Kamerun utara, dan Nigeria.

Organisasi ini didirikan pada 2002 oleh Mohammed Yusuf dengan tujuan mendirikan negara Islam berdasarkan hukum syariah dan membentengi dari pengaruh budaya barat. Kelompok ini kerap kali menyerang orang Kristen dan pemerintah, mengebom gereja, menyerang sekolah dan pos polisi, dan menculik turis barat.

Kekerasan yang terkait dengan Boko Haram telah mengakibatkan tewasnya 10.000 orang antara 2002 hingga 2013. Kelompok ini berpengaruh di negara bagian Borno, Adamawa, Kaduna, Bauchi, Yobe, dan Kano.

Kelompok yang disebut-sebut termasuk jaringan Al Qaeda itu, juga telah dikaitkan dengan beberapa serangan besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir di Nigeria, termasuk pemboman mematikan dan pembantaian September 2013 dari 44 guru dan anak sekolah di negara bagian Yobe.

Ribuan orang telah tewas dalam kekerasan yang terkait dengan pemberontakan, baik dalam serangan yang dilakukan oleh Boko Haram dan respon berat tangan pemerintah Nigeria, tapi sulit untuk mengatakan betapa banyak nyawa telah diklaim.

Berikut beberapa serangan mematikan yang dilancarkan Boko Haram:


- Terminal bus di Kota Kano, Nigeria Utara dibombardir habis-habisan oleh serangkaian ledakan pada 19 Maret 2013. Akibatnya, setidaknya 65 orang tewas dan 5 bus terbakar sampai menjadi abu dalam waktu sekejap.


- Serangan yang juga diduga kuat dilakukan Boko Haram juga terjadi di sebuah penjara di belahan benua Afrika pada 22 Maret 2013. Yakni di Kota Ganye, Adamawa, Nigeria. Penyerangan ini mengakibatkan 25 orang tewas dan 127 narapidana (napi) kabur.


Akibat peningkatan aktivitas teror oleh kelompok bersenjata Boko Haram, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan memutuskan untuk mengumumkan situasi darurat perang untuk 3 negara bagian pada 15 Mei 2013.


- Insiden penyerangan ternyata masih bersambung. Sebuah masjid di timur laut Nigeria pun tak luput menjadi lokasi ledakan. Akibatnya 44 orang menjadi korban ledakan yang terjadi pada 11 Agustus 2013. Mereka semua tewas di lokasi penembakan itu, sebelum sempat dievakuasi oleh tim penyelamat.


- Serangan juga pernah terjadi di sebuah perguruan tinggi di timur laut Nigeria pada 29 September 2013. Serangkaian tembakan tersebut diduga telah menewaskan banyak pelajar, namun belum diketahui jumlah pastinya. Para mahasiswa tersebut ditembak mati saat mereka tidur di asrama Sekolah Tinggi Pertanian di negara bagian Yobe.


- Pada Juni 2013, Boko Haram juga melakukan dua serangan pada sekolah-sekolah di wilayah tersebut. Setidaknya 9 anak tewas dalam sebuah sekolah di pinggiran Maiduguri, sementara 13 siswa dan guru tewas dalam sebuah sekolah di Damaturu.

Pada Juli di tahun yang sama, serangan kembali terjadi di desa Mamudo di negara bagian Yobe. Kelompok militan itu menyerang asrama sekolah dengan senjata dan bahan peledak, menewaskan sedikitnya 42 orang yang sebagian besar siswa.


- Malang benar nasib para pengiring pengantin di Nigeria ini. Sekelompok pria bersenjata di bagian timur laut Nigeria menghadang mereka, dan memberondong konvoi tersebut dengan tembakan membabi buta. Akibatnya, lebih dari 30 orang dalam iring-iringan pernikahan itu meregang nyawa pada 4 November 2013.


- Boko Haram kembali meledakkan bom di sebuah terminal bus di dekat ibukota Nigeria, Abuja, pada Senin 14 April 2014. Juru bicara Kepolisian, Frank Mba mengatakan kepada Reuters, 71 orang tewas dan 124 lainya terluka akibat insiden tersebut.


- Kejadian terbaru, Boko Haram mengklaim telah menculik ratusan siswi di Nigeria utara. Dan yang mengejutkan, pada Senin 5 Mei 2014 waktu setempat, mereka mengumumkan akan menjual gadis-gadis yang mereka culik. "Aku menculik gadis Anda," kata pemimpin kelompok Islam itu, Abubakar Shekau dalam video berdurasi 57 menit yang beredar di di dunia maya seperti dikutip dari Hindustan Times.

Pemerintah Nigeria akhirnya mengerahkan dua divisi (sekitar 50 ribu personel) tentara untuk memburu kelompok Boko Haram, yang menculik sekitar 200 siswi.


- Puluhan orang bersenjata yang disinyalir dari Boko Haram dilaporkan mengamuk di Gamburu, kota wilayah timur laut dekat perbatasan Kamerun pada Rabu 7 Mei waktu setempat. Serangan terbaru Boko Haram itu menewaskan sedikitnya 125 orang. Puluhan orang memuntahkan peluru dari senjata otomatis di sekitar pasar yang penuh sesak dengan para pedagang. Sumber : Liputan6.com (Bki)


Keterangan Foto : Militan Boko haram memaksa lebih 100 murid perempuan masuk ke sejumlah bus, van, dan truk yang beriringan pergi, diiringi armada motor.