Munchen Kampiun Piala Jerman, Tundukkan Dortmund

Ahad, 18 Mei 2014

Berlin, Beritaklik.Com - Bayern Munchen berhasil menjuarai Piala Jerman 2013/14 usai menundukkan Borussia Dortmund, Sabtu (17/5). Setelah bermain imbang tanpa gol di 90 menit waktu normal, kedua tim harus memainkan babak perpanjangan waktu.

Memasuki babak perpanjangan waktu kedua, tepatnya pada menit ke-106 Munchen berhasil unggul lewat gol Arjen Robben. Menerima umpan silang dari Jerome Boateng, gelandang serang tim nasional Belanda itu berhasil menceploskan bola ke tiang jauh yang tak sanggup diselamatkan kiper Roman Weidenfeller. 1-0 bagi Munchen.

Gol Robben itu sendiri menjadikannya sebagai pemain pertama dalam sepanjang sejarah Piala Jerman yang mampu mencetak gol di tiga final yang berbeda.

Munchen kendati menguasai jalannya pertandingan tak mampu menjebol gawang Dortmund sepanjang waktu normal dan babak pertama perpanjangan waktu.

Kendati catatan statistik menunjukkan Die Rotten mampu menguasai bola hingga 68 % dan mendapatkan peluang on target enam kali, tak satupun dari peluang tersebut yang mampu berbuah menjadi gol.

Sebaliknya Dortmund yang hanya mendapatkan bola sebanyak 32 % saja, tampil defensif untuk sekali-kali melancarkan serangan balik.

Sayangnya Dortmund yang tampaknya berusaha memaksakan adu penalti gagal mewujudkan taktik itu setelah gol Robben di awal babak kedua perpanjangan waktu.

Kelelahan bahkan membuat para pemain kedua kubu mengalami cedera. Terhitung Manuel Neuer dan Toni Kroos yang mengalami cedera dari kubu Munchen. Sementara itu Robert Lewandowski juga harus menjalani perawatan karena harus bermain dalam waktu yang panjang.

Bahkan bek Munchen Philipp Lahm harus ditarik keluar karena cedera saat pertandingan baru memasuki menit ke-31.

Di penghujung pertandingan Dortmund nyaris mencetak gol melalui Marco Reus. Sayangnya tembakan Reus masih membentur mistar gawang Munchen yang dikawal Neuer.

Justru Munchen yang berhasil menambahkan keunggulan lewat gol dari Thomas Muller. Berawal dari serangan balik cepat, Muller yang mendapatkan umpan dari Claudio Pizarro melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kiri gawang yang membuat Weidenfeller harus memungut bola untuk kedua kalinya. 2-0 bagi Munchen di menit ke-120.

Hingga pertandingan usai skor tetap tak berubah, Munchen berhasil memenangkan laga final Piala Jerman dengan skor tipis 2-0. (Bki)