BNPP Tinjau Pulau Rupat

Rabu, 21 Mei 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Tim ahli dan deputy fasilitas dan pengelolaan perbatasan dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Pusat turun melihat kondisi Pulau Rupat, pekan lalu. Menyambut kunjungan tersebut, Badan Pengelolaan Perbatasan (BPP) Kabupaten Bengkalis menyatakan siap menjalin kerjasama untuk pengembangan infrastruktur dengan BNPP Pusat untuk pengembangan kawasan Pulau Rupat.

Kepala BPP Bengkalis, Muhammad Amin kepada wartawan, Senin (19/5), menyebutkan bahwa rombongan BNPP yang berjumlah enam orang pada minggu lalu meninjau langsung kondisi infrastruktur di Kecamatan Rupat Utara. Dipilihnya Rupat Utara karena wilayah tersebut merupakan kawasan terluar yang berhadapan langsung dengan negeri jiran Malaysia serta berada di tepi Selat Melaka.

"Berbagai persoalan infrastruktur dibahas pada kunjungan tersebut. Diantaranya adalah melakukan evaluasi sekaligus monitoring terhadap Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang berada di desa Tanjung medang kecamatan Rupat utara. PLBN itu sendiri sudah dibangun beberapa tahun lalu, namun belum difungsikan sejauh ini," terang Amin.

Selain meninjau keberadaan PLBN di Tanjung Medang, rombongan dari BNPP juga melihat langsung kondisi pelabuihan kapal penyeberangan penumpang dan kendaraan (roll on roll off) yang dibangun Pemprov Riau empat tahun lalu.

Melihat situasi tersebut, ujar Amin, BNPP akan melakukan kajian menyeluruh tentang potensi yanga da di Rupat Utara serta pulau Rupat secara keseluruhan. Pihak BNPP sendiri masih melakukan evaluasi terhadap infrastruktur yang sudah dibangun yaitu PLBN dan pelabuhan roro serta pembangunan sector infrastruktur lain terutama jalan poros antara desa.

"Kajian yang dilakukan BNPP terhadap potensi Rupat bukan hanya sebatas fasilitas yang sudah dibangun belum termanfaatkan, tetapi juga terhadap potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Pulau Rupat. Untuk itu kita berharap BNPP mau menjalin kerjasama dalam pengembangan Pulau Rupat, karena kita mengharapkan adanya sharing program dan sharing budgeting dengan pemerintah pusat," sambung Amin.

Pada kunjungan ke Pulau Rupat tersebut, rombongan BNPP terdiri dari Staf Ahli BNPP Ir Sugita, MM, Kepala Deputy Fasilitas dan Pengelolaan Perbatasan Rusli Badu, MSi dan empat rombongan dari BNPP Pusat. Sementara dari BPP Bengkalis selain Kepala BPP, juga ikut Kepala Bidang Pengelolaan dan Tata Ruang Perbatasan Azman dan Kepala Bidang Potensi Perbatasan Heri Cahyadi. Rombongan didampingi Camat Rupat Utara, Azman serta perangkat kecamatan. (Bku)