Setelah Resmikan Pusat Jajanan&Cenderamata Khas Bengkalis, Bupati Berharap Jadi Magnet Baru Ekonomi

Rabu, 21 Mei 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh meresmikan pusat jajanan dan cenderamata khas daerah Negeri Junjungan yang terletak di Sungai Bengkel, Jalan Jendral Sudirman, Senin (19/5) sore. Ada 18 kios yang digunakan para pengrajin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lokasi tersebut, seperti pengrajin lempok durian, dodol nenas, kain tenun lejo, souvenir dan berbagai aksesoris lainnya.

Peresmian ditandai dengan penarikan selubung oleh Bupati serta pengguntingan pita oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Fatimah Johar Suayatno. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Burhanuddin, Ketua Kadin Bengkalis Masuri, anggota DPRD Bengkalis Sofyan dan sejumlah pejabat teras di lingkup Pemkab Bengkalis.
Bupati berharap pusat oleh-oleh ini bisa menjadi magnet baru bagi perekonomian Bengkalis, sekaligus bisa memudahkan masyarakat ataupun para pendatang untuk mendapatkan jajanan dan aneka kerajinan khas Negeri Junjungan.

"Kita semua berharap agar pusat jajanan dan oleh-oleh khas bengkalis ini menjadi daya tarik bagi warga dan orang-orang luar untuk berkunjung ke sini, sehingga dapat meningkatkan perekonomian pedagang kecil," ungkap Bupati.

Menurut Bupati, Bengkalis kaya akan aneka ragam ragam jajanan dan oleh-oleh khas, tidak hanya lempuk durian dan dodol nenas saja tapi masih banyak lagi. Hanya saja potensi jajanan dan oleh-oleh serta cenderamata yang ada belum seluruhnya tergarap dengan baik, sehingga tidak diketahui banyak orang.

"Saya mendorong seluruh pihak, baik itu perorangan dan kelompok usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berlomba-lomba mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Bengkalis," ajak Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa keberadaan pusat jajanan dan oleh-oleh khas Bengkalis ini, tidak hanya tanggungjawab Dinas Pasar dan Kebersihan, pedagang dan pelaku usaha. Tapi butuh keterlibatan semua pihak, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM, Dinas Pariwisata, Kadin, Dekranasda, Tim PKK, serta instansi dan lembaga lainnya.

Bupati menginstruksikan kepada Dinas Pasar dan Kebersihan selaku pengelola, agar selama 6 bulan kedepan tidak memungut biaya retribusi kios. "Untuk tahap awal keberadaan pusat jajanan ini sudah baik, saya minta kepada pelaku usaha agar benar-benar menjual jajanan atau cenderamata khas Bengkalis jangan ada produk dari luar, kemudian perhatikan dalam pengemasan. Karena kemasan menentukan nilai tambah atau nilai jual," pungkas Bupati seraya berkesempatan meninjau tiap kios sambil mencicipi makanan khas daerah Bengkalis. (Bku)

Keterangan Foto :
Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh bersama Sekda H Burhanuddin, Ketua Kadin Masuri dan anggota DPRD Bengkalis meresmikan Pusat Jajanan dan Cenderamata Khas Bengkalis, Senin (19/5) sore.

 Keterangan Foto : Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh meninjau kios-kios yang terdapat di Pusat Jajanan dan Cenderamata Khas Bengkalis, Senin (19/5) sore.