Peringkat Kelulusan SLTA Melejit

Rabu, 21 Mei 2014

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah di SD Negeri 6 dan SD Negeri 12, Selasa (20/5).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Peringkat kelulusan Ujian Nasional tingkat SLTA Kabupaten Bengkalis tahun ini jauh melejit jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu Bengkalis berada di posisi runner up dari bawah, tahun ini naik enam tingkat menjadi rangking 6 se-Riau.

Kabar lebih menggemberikan adalah untuk kelulusan Madrasah Aliyah (MA). Jika tahun sebelumnya, MA dianggap sebagai penyumbang jebloknya pringkat kelulusan SLTA se Kabupaten Bengkalis, untuk hasil tahun ini tingkat kelulusan siswa MA 100 persen.

Jumlah siswa SMA yang mengikuti UN tahun ini mencapai 6029 siswa. Dari jumlah tersebut hanya 5 orang yang tidak lulus. Sedangkan jumlah siswa SMK yang mengikuti UN sebanyak 1256. Dari jumlah tersebut 2 orang siswa tidak lulus. Sementara untuk MA, total siwa yang mengikuti UN sebanyak 873 siswa, dan semuanya lulus. Rinciannya, yang tidak lulus IPA, 2 orang, IPS 3 orang dan SMK 2 orang.

Sekretaris Dinas Pendidikan, H Nor Alamsyah didampingi Kabid Dikdas, H Zulfadhli, di sela-sela mendampingi Bupati saat meninjau UN SD, Selasa (20/5) mengatakan, bahwa 5 orang siswa yang tidak lulus tersebut masing-masing 2 siswa SMK, dan 2 siswa SMA jurusan IPA serta 3 orang siswa jurusan IPS.

"Alhamdulillah, untuk pringkat kelulusan SLTA pada tahun ini, kita naik menjadi rangking 6 dari tahun sebelumnya rangking 11. Untuk MA kita belum tahu pringkat ke berapa, tapi informasinya siswa MA lulus 100 persen," ujar Alamsyah.

Beberapa siswa yang tidak lulus itu kata Zulfadhli pula sesuai informasi yang diterima, ada yang tidak mengikuti ujian praktik (SMK). Padahal, ujian praktik bagi siswa SMK sangat menentukan. "Bahkan katanya ada siswa yang sampai dijemput ke rumah karena malas ikut ujian. Guru dan pihak sekolah sudah brusaha maksimal, tapi kalau siswanya yang tak mau belajar ya susah juga," ujar Fadhli pula.

Lima orang siswa SMA yang tidak lulus adalah, SMAN 3 Bengkalis 1 orang, SMA 5 Ketamputih Kecamatan Bengkalis, 2 orang, SMA 6 Mandau 1 orang, SMA Hubbul Wathan Mandau, 1 orang. Sedangkan untuk SMK, SMK Nurul Ilham Pinggir, 1 orang dan SMKN 01 Mandau, 1 orang.

"Seperti pernah disampaikan sebelumnya, memang target kita lulus 100 persen, kendati begitu kita tetap bersyukur dengan hasil yang kita peroleh hari ini," ujar Alam seraya mengatakan hal yang menggembirakan juga adalah tingkat kelulusan MA tahun mencapai 100 persen.

Sekretaris Kemenag Bengkalis, H Nasrun, saat dihubungi mengatakan, lulusnya siswa MA 100 persen pada UN tahun ini merupakan kabar gembira keluarga besar Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis. "Alhamdulillah, tahun in siswa-siswi MA lulus 100 persen. Tentunya ini berkat persiapan yang matang dan kerja keras semua pihak," ujarnya.

Dalam beberapa kali kesempatan, Kadis Pendidikan Bengkalis, H Herman Sani dengan bahasa guyon sering mengatakan, kalau MA sebagai penyumbang terbanyak siswa yang tidak lulus. Tahun ini, siswa MA se Kabupaten Bengkalis mampu membuktikan kalau mereka juga bisa memberikan yang terbaik untuk Bengkalis.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah SMA di Bengkalis baru akan membagikan atau mengumumkan hasil UN kepada para siswanya sore hari. Hal itu untuk mengantisipasi, agar para siswa yang lulus tidak merayakan kelulusannya dengan kompoi atau kebut-kebut di jalanan. (Bku)