Bupati Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak Dalam Meningkatkan Kelulusan UN

Rabu, 21 Mei 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh juga memanjatkan syukur saat mendengar kabar tingkat kelulusan UN SLTA tahun ini naik beberapa pringkat dari tahun sebelumnya. Keberhasilan ini tidak lepas dari matangnya persiapan yang dilakukan sebelum UN.

"Alhamdulillah, pringkatnya naik. Tentunya ini tidak lepas dari kerjakeras semua pihak, baik itu pihak sekolah guru, orang tua dan kesiapan mental siswa itu sendiri. Ada siswa yang pintar kalau grogi menghadapi UN atau mentalnya tidak siap, bisa-bisa hasilnya juga kurang baik," ujar Bupati saat ditemui di sela-sela meninjau UN di SD 12 dan SD 06, Selasa (20/5).

Dirinya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan para guru dan pihak sekolah, juga dinas Pendidikan yang mampu mengatrol pringkat kelulusan tahun ini, kendati memang belum mampu menjadi yang terbaik.

"Tapi yang terpenting, bukan pringkat atau naiknya rangking kelulusan UN pada tahun ini, melainkan capaian dan kualitas dari sebuah kelulusan itu serta keberhasilan mencapai standar yang sudah ditetapkan," ujar Bupati.

Peringkat kelulusan UN tingkat SMA Kabupaten Bengkalis memang lebih baih dan meningkat dari tahun sebelumnya. Hanya saja kata Herliyan, di beberapa daerah lain juga mengalami peningkatan yang sama. Artinya, pringkat bukan menjadi target, tapi standar nilailah yang menjadi acuan.

Banyak hal yang mendukung sehingga hasil UN tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain persiapan yang matang yang dilakukan oleh sekolah dan para guru, juga sikap percaya diri para siswa itu sendiri.

"Walau pintar tapi kalau tak pede (percaya diri), terkadang hasilnya juga tidak bagus. Saya sudah buktikan itu, banyak anak pintar tap gerogi saat ujian, tak tau apa yang mau diisi. Padahal, soalan UN itu yang pernah dijajarkan di sekolah," kata Herliyan.

Terlepas dari apapun itu, Bupati menyampaikan tahniah dan terima kasih atas kerjakeras semua pihak. "Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi, bukan dipringkat tapi pada kualitas," ujar Bupati. (Bku)