160 Anggota Satpol PP Ikuti Pelatihan Dasar

Kamis, 22 Mei 2014

Sekdakab Bengkalis, H Burhanuddin membuka sekaligus meninjau kegiatan pendidikan pelatihan dasar yang diikuti 160 tenaga bantu Satuan Polisi Pamong raja (Satpol PP) Bengkalis di Bumi Perkemahan Kelapapati mulai Rabu (21/5).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Sebanyak 160 tenaga bantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkalis mengikuti kegiatan pendidikan pelatihan dasar, mulai Rabu (21/5). Pelatihan dasar ini merupakan modal awal dalam membentuk karakter bekerja secara profesional.

Hal itu disampaikan Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekdakab Bengkalis, H Burhanuddin. Kegiatan itu sendiri dipusatkan di Gedung Perkemahan Pramuka ini, dimulai pukul 9.30 WIB. Turut hadir Asisten Tata Praja, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi dan Pembangunan, para Staf Ahli Bupati, Kepala BPBD-Damkar, Komandan Koramil 0303 Bengkalis, dan pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dalam kesempatan itu, Sekda mengingatkan, bahwa para tenaga kerja bantu Satpol PP yang saat ini mengikuti pelatihan dasar merupakan orang-orang yang beruntung. Satuan Polisi Pamong Praja mengemban tugas yang amat penting dalam pemerintahan, karena selain bertugas mengamankan peraturan daerah, juga turut mengamankan kebijakan kepala daerah dan menjaga ketertiban umum serta ketentraman masyarakat.

Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) bagi tenaga bantu Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis merupakan modal awal dalam membentuk karakter bekerja secara profesional dan dedikasi tinggi dalam menegakkan peraturan daerah dan produk hukum lainnya yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Tanggung jawab dan pembinaan keamanan serta penegakan hukum semakin berat sebagai dampak dari munculnya berbagai pengaruh lingkungan.

"Diharapkan Satpol PP agar bisa bekerja dengan baik, handal, memiliki integritas yang tinggi, profesional serta memperhatikan aturan-aturan yang ada dengan tidak melupakan etika moral sebagai dasar pelayanan publik terhadap dinamika masyarakat," pesan Sekda.

Sebagai anggota Polisi Pamong Praja, harus menjadi panutan bagi masyarakat. Untuk itu diharapkan bisa menjjaga etika dan moral selama mengikuti latihan maupun saat menjalankan tugas sehari-hari. Untuk itu yang perlu diperhatikan dalam pelatihan adalah keberhasilan, dimana hal ini bukan hanya ditentukan oleh kelulusan. tetapi tergantung pada kemampuan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam melaksanakan tugas di lapangan melalui pendekatan aspiratif, responsif, serta berusaha menghindari kekerasan.

"Kendati demikian anggota Satpol PP dituntut tetap tegas dan beribawa dalam menciptakan kesadaran masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya lagi.

Berdasarkan laporan dari panitia, dari 160 tenaga bantu Satpol PP, terdiri dari 130 orang laki-laki dan 30 perempuan. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 3 gelombang yaitu gelombang pertama 60 orang gelombang kedua 60 orang dan gelombang ketiga 40 orang. Pembimbing maupun pelatih dari Satuan Brimob Polda 5 orang, Satpol PP provinsi 5 orang, Widyaswara Bengkalis dan juga dari Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis. (Bku)

Keterangan Foto :
Sekdakab Bengkalis, H Burhanuddin membuka sekaligus meninjau kegiatan pendidikan pelatihan dasar yang diikuti 160 tenaga bantu Satuan Polisi Pamong raja (Satpol PP) Bengkalis di Bumi Perkemahan Kelapapati mulai Rabu (21/5).