2013 dimulai Perluasan Pelabuhan Roro Air Putih

Rabu, 09 Januari 2013

Beritaklik.com

BENGKALIS.Sempat tertunda setahun, pembangunan peningkatan sarana di pelabuhan roro Air Putih harus segera dimulai pembangunannya tahun ini. Apalagi kondisi pelabuhan roro yang ada sekarang sudah berusia sekitar 20 tahun.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Bengkalis Suhendri Asnan, pada Selasa (8/1), mengingatkan kepada Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bengkalis untuk segera memulai pelaksanaan pekerjaan tahun 2013 ini. Dikatakannya, bahwa perencanaan peningkatan sarana pelabuhan roro itu sendiri sudah dikerjakan pada tahun 2011 lalu, namun pada tahun 2012 batal dilelang karena ada kesalahan perencanaan serta belum adanya analisa mengenai dampak lingkungan.

“Perencanaannya sudah mulai dikerjaaan sejak tahun 2011, sementara fisiknya belum sama sekali. Kita mengingatkan kepada  Dishubkominfo untuk segera memulai pekerjaan peningkatan sarana publik yang snagat urgen tersebut,sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Suhendri.

 “Selain pembangunan fisik,masalah perizinan juga harus dituntaskan. Jangan sampai nanti begitu pembangunan selesai tak dapat dimanfaatkan,disebabkan perizinan belum ada atau tidak lengkap seperti contoh pelabuhan kargo di Air Putih yang sudah lebnih dua tahun selesai dikerjakan tapi tak dioperasikan,”tukas Asnan mencontohkan.

Kadishubkominfo Bengkalis melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Radius Akima mengatakan pihaknya berencana memulai pekerjaan fisik pelabuhan roro itu tahun ini. Namun sebelum kegiatan fisik dimulai,pihaknya akan terlebih dahulu menyelesaikan masalah amdal serta perizinan lainnya sebelum dilakukan pelelangan.

 “Rencananya Januari ini kita akan masukan dokumen amdal untuk dilakukan pelelangan.Setelah itu akan dilanjutkan dengan tahapan pelelangan kegiatan fisik, baru kemudian nantinya dimulai dengan pelaksanaan pekerjaan dilapangan,”terang Radius.

Peningkatan sarana pelabuhan roro di Air Putih masuk dalam skala prioritas yang akan dikerjakan pada tahun 2013.Peningkatan sarana pelabuhan roro itu sendiri sebagai upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat untuk jasa penyeberangan.

Total anggaran yang sudah diplot untuk peningkatan sarana pelabuhan roro Air Putih adalah sebesar Rp 51 milyar.Anggaran tersebut meliputi pembangunan areal parkir di darat serta dermaga penyeberangan menuju kapal ferry roro. Lokasi pelabuhan roro yang akan dibangun tersebut berada di samping pelabuhan yang ada saat ini.(***)