Karim Benzema Jadi Pahlawan Kemenangan Prancis

Sabtu, 21 Juni 2014

SALVADOR, Beritaklik.Com - Kemenangan 5-2 yang diraih Prancis atas Swiss pada laga grup E di Arena Fonte Nova, Sabtu (21/6/2014) tidak lepas dari jasa Karim Benzema. Penyerang berdarah Aljazair itu bermain gemilang dan memiliki kontribusi besar atas kemenangan Les Blues.

Karim Benzema mengawali laga ini dengan sebuah umpan cantik kepada Blaise Matuidi untuk menggandakan keunggulan Prancis menjadi 2-0 pada menit ke-18. Hanya 66 detik setelah gol pembuka Olivier Giroud, Benzema memanfaatkan kesalahan Valon Behrami saat memberikan umpan Penyerang Real Madrid itu kemudian mengirimkan umpan terobosan ke kiri yang dituntaskan Blaise Matuidi dengan tendangan kaki kiri di tiang dekat.

From hero to zero. Benzema bak menjadi pesakitan pada menit ke-32. Benzema menyia-nyiakan kesempatan Les Blues untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 setelah gagal menuntaskan tendangan penalti.

Skuat asuhan Didier Deschamps mendapat hadiah tendangan penalti setelah Johan Djourou melanggar Karim Benzema. Eks Olympique Lyon itu menjadi eksekutor, namun tendangannya ke arah kiri bawah ditepis Benaglio. Bola pantul kemudian disambut Yohan Cabaye dengan tendangan voli dari jarak dekat, namun digagalkan mistar gawang.

Atas kegagalan ini, Benzema mencatatkan namanya dalam sejarah buruk persepakbolaan Prancis. Kecuali adu tendangan penalti, Benzema menjadi orang Prancis pertama yang gagal mencetak gol dari titik putih pada pertandingan Piala Dunia.

Sedangkan pada pertandingan internasional, Benzema menjadi pemain Prancis pertama setelah Zinedine Zidane (melawan Tiongkok pada 2006, red) yang gagal mencetak gol dari tendangan penalti.

Benzema membayar kegagalannya pada babak pertama dengan cara yang brilian. Benzema memperbesar keunggulan Prancis menjadi 4-0 pada menit ke-67.

Proses terciptanya gol Benzema tidak dapat dilepaskan dari teknik tinggi gelandang Paul Pogba. Gelandang yang baru masuk menggantikan Olivier Giroud pada menit ke-63 itu memberikan umpan cantik kepada Benzema.

Dengan bagian luar kaki kanannya, pemain Juventus itu melepaskan umpan terobosan lambung ke kotak penalti. Benzema yang berdiri di antara Johan Djourou dan Philippe Senderos kemudian menusuk ke depan gawang untuk menyongsong bola. Dari sudut sempit penyerang Real Madrid itu kemudian menuntaskan umpan Pogba dengan tendangan voli kaki kanan.

Karim Benzema kembali menunjukkan tajinya bagi tim nasional Prancis. Hanya enam menit setelah mencetak gol, Benzema memberikan umpan cantik kepada Moussa Sissoko untuk memperbesar keunggulan Prancis menjadi 5-0.

Menguasai bola di depan kotak penalti, Karim Benzema tidak berusaha melewati Philippe Senderos yang membayangi dirinya. Begitu ruang tembaknya tertutup, Benzema justru melepaskan umpan terobosan ke sisi kanan kotak penalti Swiss.

Kesalahan Ricardo Rodriguez yang meninggalkan posisinya membuat Moussa Sissoko tidak terkawal. Tanpa kontrol Sissoko menuntaskan umpan manis Benzema dengan tendangan datar kaki kanan ke tiang jauh. Benaglio pun dibuat tidak berkutik untuk menghalau tendangan gelandang Newcastle United tersebut.

Benzema kembali menjadi pesakitan setelah tampil gemilang. Pria 26 tahun itu turut berandil atas terciptnya gol Blerim Dzemaili pada menit ke-81. Dzemaili memanfaatkan hadiah tendangan bebas ini secara cerdik. Alih-alih melepaskan tendangan lambung, Dzemaili melepaskan tendangan kaki kanan mendatar ke arah pagar betis Prancis.

Karim Benzema sedikit membantu terciptanya gol Dzemaili. Ketika bola hasil tendangan Dzemaili mengarah ke dirinya, Benzema yang berdiri di tengah, mengangkat kaki kanan. Bola pun meluncur di antara celah Benzema ke arah pojok kiri bawah gawang Prancis. Kiper Hugo Lloris pun tidak kuasa menahan laju bola.

Benzema harusnya bisa mencetak gol kedua ke gawang Swiss, bahkan secara spektakuler. Memanfaatkan umpan datar Sissoko dari kanan, Benzema langsung meneruskan bola dengan tendangan kaki kanan melengkung dari luar kotak penalti. Gol ini tidak dianggap sah karena wasit menyatakan gol ini tercipta tepat pada akhir pertandingan.

Meski gol itu tidak dianggap, Benzema bisa memasuki lorong stadion dengan kepala tegak. Eks Olympique Lyon itu telah berkontribusi terhadap lima dari delapan gol Prancis pada dua pertandingan pertama Piala Dunia 2014. Dalam kurun waktu itu Benzema mencetak tiga gol dan menyumbangkan dua assist. (Bki)