Penyusunan MoU Kerjasama Luar Negeri, BPP Gelar Bimtek

Senin, 23 Juni 2014

Asisten Tata Praja, H Amir Faisal membuka Bimtek Penyusunan MoU Kejasama Luar Negeri di Hotel Horison Bengkalis , Senin (23/6).

Asisten Tata Praja, H Amir Faisal membuka Bimtek Penyusunan MoU Kejasama Luar Negeri di Hotel Horison Bengkalis, Senin (23/6).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Kabupaten Bengkalis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan MoU Kejasama Luar Negeri selama dua hari. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Horison Bengkalis ini dibuka Asisten Tata Praja, H. Amir Faisal, Senin (23/6).

Sebagai narasumber berasal Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI Aswana, Bidang Kerjasama Perbatasan Kota Surabaya dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Wira Haryoko.

Asisten Tata Praja dalam pengarahannya menegaskan bahwa MoU merupakan salah satu prosedur dan azas pengikat kerjasama saja. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana komitmen dari kerjasama itu dapat berlangsung baik secara berkelanjutan dan saling menguntungkan.

Pada kesempatan itu Asisten Tata Praja juga mengingatkan pentingnya bagi apartur pemerintah untuk meningkatkan kapasitas diri mengingat masyarakat memiliki harapan besar dalam memberikan pelayanan yang baik guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Manfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk menggali ilmu dari para narasumber yang telah sudi datang jauh-jauh ke Bengkalis. Banyak-banyaklah bertanya dan sharing informasi dengan nara sumber," pesan Amir Faisal.

Menurut Amir Faisal lagi, di era globalisasi tidak ada lagi batas-batas dan atau sekat-sekat. Maka dari itu harus dipersiapkan sumber daya manusia (SDM) supaya bisa bersaing, tidak jadi penonton di negeri sendiri. Teruslah meningkatkan ilmu pengetahuan, salah satunya dituntut mampu menguasai Bahasa Inggris.

"Kerjasama Pemkab dengan pihak swasta untuk melatih SDM andal harus terus menerus dilakukan. Libatkan stakeholder lain dalam forum-forum diskusi lebih luas, terutama kalangan dunia usaha sehingga mampu mendongkrak ekonomi kerakyatan," ujar Asisten Tata Praja.

Ditambahkan Asisten Tata Praja, dalam meningkatkan kerjasama dengan luar negeri tidak hanya G to G, tapi harus be to be sehingga misi untuk meningkat pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa tercapai.

Sebelumnya Ketua Panitia Bimtek, M Zaini mengatakan kegiatan ini diikuti perwakilan SKPD dan stakeholder terkait seperti Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bengkalis. Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari, 23-24 Juni 2014. (Bku)