Mubalik Diharap Jadi Penyejuk,Jelang Pilpres

Kamis, 03 Juli 2014

Kapolres Bengkalis, AKBP Andry Wibowo didampingi Ketua KPU Defitri Akbar meninjau kesiapan surat suara dan pendistribusian surat suara ke masing masing PPP di Kantor KPU Bengkalis, Kamis (3/7).

Kapolres Bengkalis, AKBP Andry Wibowo didampingi Ketua KPU Defitri Akbar meninjau kesiapan surat suara dan pendistribusian surat suara ke masing masing PPP di Kantor KPU Bengkalis, Kamis (3/7).

BENGKALIS, Beritaklik.Com -
Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan, para mubalik atau da'i memiliki peranan penting dalam proses pembangunan di daerah ini. Tidak hanya membangun yang berkaitan dengan kepentingan keagamaan, para muballigh juga ikut berperan di berbagai bidang lainnya.

''Dalam beberapa kesempatan, para mubalik juga berperan membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Seperti himbauan menjauhi pekat, narkoba dan berbagai tindak penyimpangan lainnya,'' ujar Bupati baru-baru ini.

Seperti saat terjadi kebakaran hutan dan berbagai upaya antisipasi yang dilakukan saat ini, kata Bupati, para da'i memiliki peran penting menyampaikan dan mengingatkan masyrakat agar tidak membakar lahan baik saat akan membuka lahan baru atau ketika sedang membersihkan.

''Peran da'i sangat strategis dan penting, untuk itu kita harapkan para da'i agar tetap memainkan perannya dengan baik, agar apa yang menjadi tujuan kita bersama tercapai hendaknya,'' harapnya.

Sempena memasuki bulan suci Ramadan, Bupati juga mengajak para da'i untuk menyampaikan pesan moral dan keagamaan kepada masyarakat dengan baik dan sejuk.

"Setiap tahun saat bulan suci Ramadan, ada ratusan da'i yang menyampaikan tausiyah setiap malam sebelum atau sesudah shalat Tarawih. Harapan kita tentunya, materi tausiyah yang disampaikan mampu membangkitkan jamaah untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan," pesan Bupati lagi.

Jelang Pemilihan Presiden 9 Juli nanti, peran dai diibutuhkan untuk menyampaikan hal-hal yang bisa menyejukkan hati masyarakat. Beda pendapat dan pilihan terkadang membuat masyarakat terpecah bahkan saling bermusuhan hingga berbuat anarkis.

''Tak berapa hari lagi Pilpres akan digelar. Riak dan beda pendapat itu pasti terjadi, harapan kita tentunya jangan sampai perbedaan itu menjadikan kita berpecah belah. Untuk itu saya berharap para dai bisa menyampaikan hal-hal positif kepada para jamaah mushalla atau masjid selama bulan suci Ramadhan ini,'' pinta Bupati lagi. (Bku)