Masa Tenang Kampanye APK Capres dan Cawapres Masih Terpasang

Senin, 07 Juli 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Alat peraga kampanye (APK) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden masih bertebaran di merata tempat di Kota Bengkalis, kendati sejak Minggu (6/7) kemarin sudah memasuki masa tenang kampanye. Sejauh ini belum ada tindakan penerbitan yang dilakukan pihak yang berkompeten.

Dari dua capres dan cawapres yang bertarung, APK capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang cukup banyak ditemukan, sementara capres dan cawapres nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak terlalu banyak.


"APK pasangan Prabowo-Hatta tidak dibuka sama sekali oleh tim pemenangan pasangan Prabowo-Hatta, ditambah lagi sikap panwaslu Bengkalis yang terkesan tutup mata atas pelanggaran tersebut. Jangan mentang-mentang ketua tim pemenangan Prabowo-Hatta di Bengkalis adalah bupati Herliyan Saleh terkesan dilakukan pembiaran terhadap APK pasangan ini, sehingga menimbulkan preseden buruk dalam proses berdemokrasi di Bengkalis ini," papar Heri Jaya, salah seorang warga Bengkalis, Selasa (7/7).

Pria yang juga mengaku bukan pendukung pasangan Jokowi-JK ini mengharapkan semua pihak menghormati proses berdemokrasi yang sehat bukan menggunakan kekuasaan untuk berbuat apa saja. Sudah ada aturan main yang mengatur tentang jadwal serta tatacara pemasangan alat peraga berupa baleho, spanduk, sticker dan lainnya. Jangan lagi di masa tenang terjadi pembiaran dan tim pemenangan maupun Satpol PP untuk melakukan pembongkaran.

Anggota Panwaslu Bengkalis, Marzuli Ridwan mengatakan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan untuk mencabut semua APK pasangan capres dan cawapres ke Satpol PP juga ditembuskan ke tim pemenangan capres-cawapres yang ada di seluruh Kabupaten Bengkalis. Ia berharap paling lama hari ini Selasa semua alat peraga sudah dibongkar tidak ada lagi yang terpasang.


"Sudah kita surati Satpol PP Bengkalis untuk mengambil tindakan terhadap semua APK yang terpasang, bukan hanya pasangan Prabowo-Hatta. Tidak boleh ada lagi APK pada hari tenang selama tiga hari ini apalagi pas pada hari pemilihan masih terpasang atribut pasangan capres-cawapres. Kepada tim pemenangan pasangan manapun diimbau untuk membuka semua APK secepatnya,"terang Marzuli.


Terkait tentang adanya keengganan membuka APK khususnya pasangan Prabowo-Hatta dikarenakan ketua tim pemenangan pasangan tersebut petinggi daerah ini, Marzuli membantah soal tersebut. Karena yang berhak membongkar adalah Satpol PP bersama panwaslu dan direncanakannya sehari jelang pencoblosan panwascam di kecamatan akan membongkar dengan Satpol PP.

Panwaslu Bengkalis juga dalam pilpres tidak berpihak kepada pasangan manapun. (Bku)