Antisipasi Antrean Dishubkominfo Operasikan 4 Kapal H-7 hingga H+7 Lebaran

Senin, 07 Juli 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Selain mempercepat proses bongkar muat penumpang, jarak tempuh serta keberangkatan tanpa mengikuti jadwal yang ada, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis juga akan mengoperasional 4 buah kapal mulai H-7 hingga H+7 lebaran. Upaya itu dilakukan untuk menekan antrean panjang kendaraan yang hendak menyeberang baik sebelum maupun sesudah lebaran nanti.

Kendati kebijakan tersebut tidak serta merta mengurai antrian yang ada, namun setidaknya panjang antrian di darat akan sedikit berkurang. "Antrian itu tetap terjadi karena jeti kita hanya satu. Tapi kalau empat buah kapal beroperasi bersamaan, sedikit banyak akan mengurai antrian di darat," kata Kabid Darat Dishubkominfo Kabupaten Bengkalis, Asnurial, Sabtu (5/7).

Dijelaskan Asnurial, dengan adanya langkah ini antrean kemungkinan akan berbagi, sebagian terjadi di darat sebagian lagi terjadi di laut. Ketika empat unit kapal broperasi secara bersamaan, maka antrian di laut tidak dapat dihindarkan.

"Saya yakin sebagian kita lebih memilih antri di kapal (antre saat merapat), ketimbang antre di darat. Karena kalau sudah masuk kapal kepastian untuk sampai ke seberang itu sudah ada. Tapi kalau masih di darat, perasaan calon penumpang masih bercabang antara bisa menyeberang atau tidak," sebutnya.

Namun kata Asnurial, kepastian tentang kebijakan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi antrian di pelabuhan roro akan diputuskan dalam rapat yang akan digelar beberapa waktu mendatang. "Tapi gambarannya seperti itu," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh dalam beberapa kesempatan mengatakan, bahwa beberapa hal yang harus diantisipasi jelang lebaran tahun ini adalah ketersediaan BBM, stok sembako, perawatan jalan rusak serta antrean panjang di pelabuhan roro. (Bku)