Pemda Pelalawan Lakukan MoU Dengan RAPP Cegah Karhutla

Senin, 07 Juli 2014

Pangkalan Kerinci, Beritaklik.Com - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan menciptakan desa bebas kebakaran,Senin (7/7/2014) Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melakukan perjajiaan kerjasama atau MoU dengan PT.RAPP bertempat di Ruang pertemuan Bupati Pelalawan lantai 2 Kantor Bupati Pelalawan.

Direktur PT.RAPP Mulya Nauli dalam sambutannya menyebutkan bahwa PT.RAPP mengapresiasi dan akan memberikan penghargaan bagi desa-desa yang memiliki komitmen mencegah dan menaanggulangi karhutla terutama di musim kemarau panjang ini sesuai dengan perkiraan BMKG.

"PT.RAPP akan menghadiahkan Rp.100 juta dalam bentuk infrastruktur dan jika dalam kurun waktu 3 bulan tidak terjadi kebakaran didesa tersebut.Namun jika ada kebakaran dan bisa dipadamkan dalam waktu 24 jam dan selama kurun waktu 3 bulan kurang dari 1 HA yang terbakar maka akan diberikan penghargaan Rp.50 juta. Ini project dan reward akan disesuaikan dengan permintaan masyarakat senilai dari reward yang diberikan.apakah mau bangunan atau beasiswa kita liat nanti." Ujarnya.

Dilanjutkan Mulya Nauli, adapun desa yang ikut dalam program ini ada 3 Desa dan 1 Kelurahan dalam 2 Kecamatan yakni Desa Sering Kecamatan Pelalawan,Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti,Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti dan Kelurahan Teluk Menranti.

"Pemberian reward adalah sebagai tindak lanjut MoU antara PT.RAPP dengan BPBD Riau. Dalam mencegah karhutla di Riau sekaligus terobosan program yang belum pernah dilakukan perusahaan lain. Selain itu sebagai motivasi bagi perusahaan dan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi karhutla yang mengakibatkan asap di Riau serta sebagai wujud nyata komitmen perusahaan dalam memotivasi melakukan kebijakan No Burn Policy atau kebijakan lahan tanpa bakar kepada pihak lain." Ujarnya.

Sementara itu Bupati Pelalawan HM.Harris dalam sambutannya menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh PT.RAPP patut ditiru perusahan - perusahan yang berdomisili di Pelalawan. "Perusahaan punya peranan penting dalam pencegahan karhutla. Selain memberikan bantuan alat pemadaman api juga membina Masyarakat Peduli Api di wilayah - wilayah operasionalnya masing - masing." Terang Bupati.

Pemkab Pelalawan melalui Badan Penangulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Kabupaten Pelalawan senantiasa terus menerus memantau dan mengawasi di Kecamatan - kecamatan yang rawan kebakaran hutan dan lahan. "Seperti saat ini di Kecamatan Ukui dekat lokasi TNTN. Namun karena hujan yang terus turun selama seminggu ini dapat memadamkan api. Namun tetap perlu waspada kebakaran hutan dan lahan gambut. Intinya Kita selalu siap untuk mencegah karhutla." Paparnya. (Bkjcr)

Keterangan Foto :
PT.RAPP Teken MoU Dengan Pemkab dan pemberian hadiah jika 3 bulan tanpa kebakaran diberi reward rp.100 juta.