Desa Antusias Persiapkan Lampu Colok Sambut Hari Raya Idul Fitri

Rabu, 09 Juli 2014

Pemuda Desa Simpang Ayam gotong royong membuat menara lampu colok, Selasa (8/7).

Pemuda Desa Simpang Ayam gotong royong membuat menara lampu colok, Selasa (8/7).


BENGKALIS, Beritaklik.Com - Masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya para pemuda antusias mempersiapkan tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan membuat menara lampu colok yang setiap tahun diperlombakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bengkalis.

Seperti di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, saat ini pemuda di desa tersebut sudah melakukan gotong royong (goro) bersama demi mempersiapkan lampu colok.

"Iya bang, dari awal puasa kami dari para pemuda sudah bergotong royong bersama-sama untuk mempersiapkan menara lampu colok ini. Insya allah kami tahun ini akan mengikuti pertandingan yang akan di taja Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata. Kami mempersiapkan sekitar enam ribu colok untuk satu menari," ujar Mahadan, kordinator lapangan, Rabu (8/7) sore.

Salah seorang tokoh pemuda Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Rudi juga menyatakamn desanya sudah mempersiapkan atau gotong royong bersama untuk membuat menara lampu colok demi mengikuti festival tahun ini.

"Setiap tahunnya kami memang selalu mengikuti festival lampu colok. Tahun ini kami sudah mempersiapkan sekitar tiga ribu buah kaleng untuk satu menara dengan gambar Masjid," terang Rudi.

Sementara Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, H. Eduar ketika ditanya apakah tahun ini ada bantuan dari Pemkab untuk masing-masing desa yang mengikuti festival colok, belum bisa memastikannya.

"Kita belum tahu apakah ada bantuan dari Pemkab Bengkalis atau tidak untuk tahun ini. Kalau berkaca tahun lalu, ada bantuan dari Bupati Bengkalis ke setiap-setiap Desa yang akan mengadakan Festival lampu colok tersebut," ujar Eduar. (Bku)