Masyarakt Hati-hati Memilih Tempat Membayar Rekening Listik

Senin, 14 Juli 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bagi masyarakat yang membayar rekening listrik melalui usaha loket pembayaran online (payment point online bank/PPOB/SOB) hendaknya selektif, pilihlah yang benar-benar bisa dipercaya. Karena sudah banyak kejadian, uang pelanggan diambil tapi tidak disetor ke PLN.

Seperti yang dialami Azmar (38), Warga Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis. Ia kaget tiba-tiba ada surat pemberitahuan pemutusan sementara listrik yang dilayangkan PT. PLN (Persero) Ranting Bengkalis, padahal ia tidak pernah menunggak pembayaran tagihan rekening.

"Selama ini saya tidak pernah menunggak membayar listrik melalui biro jasa yang ada di Desa Pangkalan Batang. Setiap tanggal 17 saya baya," ujar Azmar, Sabtu (12/7).

Menyikapi keluhan Azmar tersebut, Manajer PLN Ranting Bengkalis, Andy Prasetiwan meminta kepada yang bersangkutan menyerahkan bukti pembayaran rekening ke Kantor PLN Bengkalis sehingga bisa dicek secara sistem.

"Saat ini memang banyak terjadi, uang diambil dari pelanggan tapi tidak disetorkan oleh biro atau PPOB/SOP ke PLN atau melalui rekening BRI dan BNI. Sehingga di sistem kami masih tercatat pelanggan tersebut belum dibayar atau menunggak,'' ujar Andy.

Ketika ditanya tindakan apa yang akan dilakukan PLN terhadap biro-biro yang nakal seperti ini, Andy menyatakan pihaknya tidak bisa menindak secara langsung karena ini sudah masuk ranah penipuan. Namun ia mengimbau kepada masyarakat atau pelanggan untuk melakukan pembayaran di tempat-tempat atau biro yang bisa di percaya. (Bku)