Polsek Bukitbatu Tetap Tingkatkan Kewaspadaan, Meski Hotspot Nihil

Senin, 14 Juli 2014

BUKITBATU, Beritaklik.Com - Meski kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Bukitbatu terpantau nihil karena intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangn ini, namun Polsek Bukitbatu tetap waspada dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

Hal itu disampaikan Kapolsek Bukit Batu, Kompol Sasli Rais kepada wartawan, Minggu (13/7). Menurutnya, memang untuk saat ini karhutla di sejumlah daerah rawan kekabaran nihil hotspot (titik panas), pihaknya tetap melakukan patroli, baik darat maupun udara.

"Sampai saat ini kita masih terus melakukan patroli darat dan juga patroli udara untuk memantau karhutla di sejumlah kawasan rawan karhutla. Untuk patroli udara kita dibantu helikpter milik PT Arara Abadi di PT SPM-BBHA," ujar Sasli.

Kapolsek juga mengimbau kepada masyarakat dan perangkat desa, MPA dan RPK PT SPM-BBHA untuk tetap memantau perkembangan karhutla. Jika ada ditemukan titik api, segera laporkan dan dipadamkan.

"Kita juga mengingatkan kepedulian masyarakat untuk memadamkan api jika terpantau adanya api dilahan milik masyarakat. Saat ini kita sudah memiliki alat pemadam api portable bantuan dari Polda Riau," jelas Sasli mengakhiri.

Seperti diketahui, Desa Tanjung Leban dan Desa Sepahat di Kecamatan Bukitbatu, merupakan daerah yang rawan terhadap kebaran. Di samping itu kebakaran juga kerap terjadi di Desa Bukit Kerikil, mengingat kondisi lahan di walayah itu adalah gambut. Ditambah lagi kondisi cuaca yang cukup ekstrim seperti saat ini. (Bku)