Gelar Datuk Setia Amanah Resmi Disandang Bupati Bengkalis

Senin, 11 Agustus 2014

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh dan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri dan Datuk Muda Setia Amanah Junjungan Negeri di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Bengkalis, Senin (11/8).

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh dan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri dan Datuk Muda Setia Amanah Junjungan Negeri di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Bengkalis, Senin (11/8).

BENGKALIS, Beritaklik.Com -
Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh ditabalkan gelar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Provinsi Riau, H. Tennas Effendi. Prosesi penabalan ditandai dengan pemasangan tanjak dan keris. Wakil Bupati, H Suayatno juga ditabalkan sebagai Datuk Muda Setia Amanah Junjungan Negeri.

Pada kesempatan itu, Bupati juga ditabalkan sebagai Datuk Sri Binawangsa, gelar adat yang melekat pada diri yang bersangkutan. Prosesi penabalan gelar adat ini belangsung meriah, dihadiri Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djoehermansyah Johan yang juga pernah menjabat Plt Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Forkompinda Provinsi Riau, Bupati dan Waliko Kota se-Riau, Forkompinda Kabupaten Bengkalis, tokoh adat dan ketua paguyuban yang digelar Balai Kerapatan Sri Mahkota, Senin (11/8).

Setelah prosesi pemasangan tanjak dan keris, dilanjutkan tepuk tawar kepada Bupati dan Wakil Bupati oleh Ketua Kerapatan Adat LAMR Provinsi Riau H Tennas Effendi, Ketua Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf, Dirjen Otda Djoehermansyah Johan, Wagubri Asyadjuliandi Rachman, mantan Bupati Bengkalis Azaly Djohan dan Fadlah Sulaiman, anggota DPR Wan Abukar dan sejumlah tokoh Riau lainnya. Acara penabalan gelar adat juga turut dimeriahkan dengan penampilan artis ibu kota asal Bengkalis, Iyet Bustami yang selama ini dikenal dengan lagu-lagu Melayunya.

Ketua Kerapatan Adat LAMR Provinsi Riau, Tennas Effendi dalam sambutannya banyak menyampaikan petuah-petuah Melayu tentang bagaimana sikap seorang pemimpin mengemban amanah. Termasuk falsafah gelar adat Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri yang diberikan kepada petinggi negeri yang sudah ada sejak zaman raja-raja terdahulu.

"Falsafah dari penambalan gelar adat ini adalah agar para pemimpin yang diberikan amanah oleh rakyat betul-betul menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan bisa menjadi panutan bagi semua orang," ujar Tennas.

Wakil Gubernur Riau, Asyadjuliandi Rachman dalam pengarahannya juga menyampaikan bahwa amanah itu merupakan orang yang jadi panutan. Di samping ia harus menjalankan tugas dan kewajiban memimpin negeri yang telah diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.

"Selamat dan tahniah atas ditabalnya Bupati Bengkalis sebagai Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri dan Wakil Bupati Bengkalis sebagai Datuk Muda Setia Amanah Junjungan Negeri," ujar Wagubri.

Pada kesempatan itu, Wagubri juga menyampaikan bahwa Riau mendapat kado istimewa di HUT yang ke-57 dengan telah disahkannya Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTW) oleh Menteri Kuangan. Dengan telah disahkan RTRW ini, apa yang selama ini telah mengganjal pembangunan Riau dapat diselesaikan.

Sebelumnya Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh mengucapkan terima kasih atas pemberian gelar adat oleh LAMR Kabupaten Bengkalis ini. Gelar ini tentunya merupakan sebuah kehormatan dan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Sementara Ketua Panitia Penabalan Gelar Bupati Bengkalis dan Wakil Bupati Bengkalis, H. Arianto mengatakan penabalan ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda Riau) dan Keputusan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis. (Bku)

Ketua Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis, H. Zainuddin Yusuf membacakan warkah penabalan Bupati H Herliyan Saleh dan Wakil Bupati H Suayatno sebagai Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri dan Datuk Muda Setia Amanah Junjungan Negeri di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Bengkalis, Senin (11/8).

Ketua Kerapatan Adat LAMR Provinsi Riau, H Tennas Effendi memasang tanjak dan keris kepada Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh yang ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Senin (11/8)
.