TIMNAS U 19 Garuda Jaya Dipecundangi Brunei

Selasa, 12 Agustus 2014

Timnas U19.

Timnas U19.

BANDAR SERI BEGAWAN
, Beritaklik.Com - Tim Nasional (Timnas) U-19 luluh lantak di tangan tuan rumah Brunei pada laga kedua turnamen Sultan Hassanal Bolkiah 2014. Tak tanggung-tanggung, Evan Dimas cs, harus mengakui ketangguhan Brunei dengan skor 3-1 di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, Senin 11 Agustus 2014.

Brunei patut berterima kasih kepada penyerangnya, Adi Said. Karena pemain berusia 24 tahun itu sukses mangacak-acak pertahanan Indonesia dengan mencetak hattrick ke gawang Ravi Murdianto. Sementara satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Ilham Udin Armaiyn pada babak kedua.

Kilas Pertandingan :

Kurang dari dua menit usai kick-off, tuan rumah langsung dihadapi oleh permainan agresif Timnas U-19 lewat sayap kanan yang dimotori Putu Gede Juni Antara. Sayang, pria kelahiran Gianyar Bali itu gagal menyelesaikan kesempatan dengan baik.

Permainan agresif Garuda Jaya justru harus kecolongan lewat aksi Adi Said usai mengelabui dua pemain belakang Timnas U-19. Setelah lolos dari kawalan, Adi melepaskan tendangan yang sempat dihalau Ravi Murdianto. Namun saking kencangnya tendangan tersebut, bola tetap masuk ke gawang Indonesia. Garuda Jaya tertinggal 0-1 dari Brunei.

Tertinggal satu gol oleh tuan rumah, Garuda Jaya langsung mengurung pertahanan lawan. Tetapi, pertahanan yang rapat dari Brunei membuat Evan Dimas cs hanya menemui jalan buntu sehingga sulit memasuki area terlarang tuan rumah.

Empat menit jelang pertandingan babak pertama usai, Ravi Murdianto kembali dikejutkan oleh aksi pemain tuan rumah. Adalah Adi Said yang mampu melepaskan tendangan spektakuler ketika melihat Ravi agak sedikit keluat dari sarangnya.

Kejadian serupa dilakukan Adi Said usai mencetak gol kedua yang tak kalah spektakuler. Pemain berusia 24 tahun itu sempat mengecoh Sahrul Syaifulloh dan Hansamu Yama sebelum melepaskan tendangan jarak jauh yang lagi-lagi tak mampu ditepis Ravi. Indonesia pun tertinggal tiga gol atas Brunei, setidaknya hingga turun minum.

Lepas keluar dari ruang ganti, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Brunei melalui aksi Paulo Sitanggang yang melewati empat pemain Brunei, bola sempat lepas dan menghampiri Maldini, sayang umpannya masih bisa dipatahkan.

Sepuluh menit babak kedua berjalan Timnas U-19 terus mengurung Brunei. Tapi acapkali serangan Indonesia yang dimotori oleh Paulo, selalu terbentur barisan pertahanan Brunei yang memang memarkir 10 pemainnya di kotak penalti dan hanya menyisakan Adi di depan.

Frustasi dengan permainana rapat tuan rumah, langkah alternatif akhirnya dilakukan oleh skuad Indra Sjafri. Salah satunya melalui tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Muhammad Hargianto yang masuk menggantikan Zulfiandi.

Upaya pertama dilakukan pemain yang akrab Hagi ini dengan tendangan kerasnya yang masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Brunei, Azman Ilham. Selang kemudian, Hagi kembali melapskannya dari jarak jauh, sayang tendangan placing-nya masih membentur mistar gawang. Selamatlah gawang Brunei.

Kesabaran Indonesia dalam menggepur pertahanan Brunei akhirnya berbuah manis. Ketika Ilham Udin Armain membuat gol pengecil kedudukan pada menit ke-74. Sehingga membuat skor menjadi 1-3.

Proses gol Ilham diawali oleh aksi Maldini yang memberikan umpan mendatar dan diteruskan Dimas Drajad yang masuk di babak kedua lewat backheel-nya. Ilham yang berdiri bebas, tinggal meneruskan bola untuk menjebol gawang Azman.

Asa yang terus dijaga oleh para pemain Indonesia hingga empat tambahan waktu, namun apa daya, kurangnya koordinasi dan penyelesaian akhir yang kurang maksimal, membuat skor 3-1 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Dengan kekalahan ini, maka langkah Timnas U-19 kian berat, setelah baru memperoleh satu poin dari dua pertandingan. Sebelumnya pasukan Indra Sjafri ini ditahan imbang Malaysia tanpa gol. Sedangkan bagi Brunei, kemenangan ini merupakan tiga poin perdana mereka. Sebelumnya, Nur Ikhwan Othman dkk, kalah dari Kamboja dengan skor 0-1 di laga perdana.

Berikutnya Timnas U-19 bakal menghadapi lawan kuat Vietnam pada 13 Agustus mendatang. Sebagai catatan, Vietnam pada pertandingan pertama mampu menggebuk Singapura dengan skor 4-0. Sedangkan Brunei akan melawan Singapura.

Brunei Darusssalam U-21: 1.Azman Ilham, 3. MD Khairul Shami, 5. Reduan HJ Petra, 6. M. Asnami Syazni, 7. MD. Asri, 8. MD. Nur Azees, 10. MD. Nurichwan Othman, 18. MD. Amin Udoon Zakwan, 20. Adi Said, 23. Akyura Indera Putra, 23. Suhaimi Anak Sulau.

Timnas Indonesia U-19: 1. Ravi Murdianto, 2. Putu Gede Juni Antara, 5. M. Fatchu Rochman, 6. Evan Dimas Darmono, 10.Muchlis Hadi Ning, 13. M. Sahrul Syaifulloh, 15. Maldini, 16. Hansamu Yama Pranata, 17. Paulo Oktavianus Sitanggang,19. Zulfiandi, 20. Ilham Udin Armaiyn.
(Bki)