Miris, Pendidikan Indonesia Ternyata Terendah.

Ahad, 13 Januari 2013

Ist

Pekanbaru.Sungguh sangat miris, ternyata sistim pendidikan Indonesia terletak pada peringkat terendah terhadap riset  50 negara dunia, berdasarkan  tabel Liga Global yang diterbitkan oleh firma pendidikan “Pearson”. Sementara tempat pertama dan kedua diraih oleh Finlandia dan Korea Selatan. Indonesia berada diperingkat terbawah bersama Mexico dan Brazil.

Ada banyak perbedaan di antara kedua negara teratas yaitu Finlandia dan Korea Selatan, menurut laporan itu, tetapi faktor yang sama adalah keyakinan terhadap kepercayaan sosial atas pentingnya pendidikan dan "tujuan moral."

Tujuan utama dari riset ini adalah memberikan pandangan multidimensi dari pencapaian di dunia pendidikan dan menciptakan sebuah bank data yang akan diperbaharui dalam sebuah proyek Pearson bernama Learning Curve.

Peringkat tersebut memadukan hasil tes internasional dan data seperti tingkat kelulusan antara 2006 dan 2010. Inggris yang selama ini dianggap sistim pendidikannya lebih baik, menempati posisi keenam.

Sir Michael Barber, penasihat pendidikan utama Pearson, mengatakan negara-negara yang bertengger di peringkat atas karena memberikan status tinggi pada guru dan memiliki budaya pendidikan. Barber mengungkapkan, perbandingan internasional dalam dunia pendidikan telah menjadi semakin penting.

"Tabel liga terbaru ini berdasarkan pada serangkaian hasil tes global yang dikombinasikan dengan ukuran sistem pendidikan seperti jumlah orang yang dapat mengenyam pendidikan tingkat universitas," seperti dikutip BBC, Selasa (27/11).

Melihat dari sistem pendidikan yang berhasil, studi itu menyimpulkan bahwa mengeluarkan biaya adalah hal penting namun tidak sepenting dan kompleks memiliki budaya yang mendukung pendidikan. Seperti perilaku masyarakat terhadap pendidikan, hal itu dapat membuat perbedaan besar.

Kesuksesan negara-negara Asia dalam ranking ini merefleksikan nilai tinggi pendidikan dan pengharapan orang tua. "Hal ini dapat menjadi faktor utama ketika keluarga bermigrasi ke negara lain," kata Pearson.

Berdasar Tabel Peringkat Sistim Pendidikan Dunia berdasarkan Pearson adalah : Urutan Pertama Finlandia diikuti Korea Selatan, Hongkong Jepang dan Singapore. Sementara Inggris di urutan ke Enam diikuti Belanda, Selandia Baru, Kanada dan Irlandia. Sementara Negri Adidaya Paman Sam, Amerika Serikat menempati urutan diatas Irlandia  dan di ikuti Jerman dan Prancis.(Enha)