Obama: Pasukan Amerika di Afghanistan Sampai 2014

Senin, 14 Januari 2013

Obama melakukan pertemuan bilateral dengan Hamid Karzai

Washington DC. Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendiskusikan tentang kondisi dan rencana penarikan pasukan AS dari negara Asia Tengah itu, Jumat (11/1/2013) di Washington, Amerika Serikat berencana menarik keluar pasukannya dari Afghanistan tahun 2014.

Obama mengumumkan perubahan peran pasukannya di Afghanistan. Dikatakan oleh Presiden Obama, pasukan Amerika akan menyerahkan pimpinan operasi terhadap Taliban kepada pasukan Afghan dalama beberapa bulan ini, dan tentara Amerika nantinya akan memfokuskan pada upaya melatih, memberikan nasihat dan membantu pasukan Afghan.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan usai pertemuan antara kedia pemimpin, disebutkan bahwa kesepakatan keamanan timbal-balik sedang dirundingkan

 

“Pasukan kami akan terus berperang bersama pasukan Afghanistan jika diperlukan. Tapi izinkan saya mengatakan hal ini sejelas dan semudah mungkin yang saya bisa, bahwa mulai musim semi ini pasukan kami akan memiliki misi berbeda, yaitu melatih, memberikan petunjuk, mendampingi pasukan Afghanistan. Presiden Afghanistan memberikan kabar terbaru tentang peta jalan menuju perdamaian dari pemerintah. Hari ini kami sepakat bahwa proses ini harus didahului dengan sebuah biro Taliban guna memfasilitasi perundingan,” kata Obama.

 

Dalam kunjungan ke Amerika Serikat itu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.(bk.enha)