Wamen ESDM, Gubri Resmikan Injeksi Perdana Surfaktan Minas

Senin, 14 Januari 2013

Gubri HM Rusli Zainal mendampingi Wamen Menteri ESDM RI Prof Dr. Ing Ir. Rudi Rubiandi R,S melakukan

Pekanbaru, Gubri HM Rusli Zainal mendampingi Wamen Menteri ESDM RI Prof Dr. Ing Ir. Rudi Rubiandi R,S melakukan peresmian Injeksi Perdana Uji Coba Lapangan Surfaktan Minas tahap II yang pertama didunia, Senin (14/1)

Peresmian itu juga dihadiri oleh para Direksi PT Chevron Pacific Indonesia dan Dir Chevron Asia Pacific di Areal Surfaktan Minas. Yang ditandai dengan pengiriman secara resmi minyak hasil proyek uji coba injeksi surfaktan ke terminal minyak dumai dengan pemutaran valve oleh Wamen ESDM dan Penekanan tombol start engine oleh Gubernur Riau.

Dalam keteranganya Dir PT. Chevron mengatakan, “Proyek Lapangan Surfaktan tahap II ini bertujuan untuk menguji efektifitas teknologi polimer surfaktan dalam meningkatkan produksi minyak mentah yang tidak dapat lagi diangkat menggunakan metode sekunder dalam perolehan minyak seperti Injeksi air yang digunakan dilapangan minyak saat ini.”.


Lebih jauh dijelaskan PT CPI dalam studi Surfaktan dan Polimer ini sebelum di aplikasikan dilapangan minas telah dimulai dari tahun 1994.


"Lapangan Minyak Minas ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara yang telah menghasilkan lebih dari 4,6 miliar barrel sejak pertama kali beroperasi pada 1952," ujarnya.

Wamen ESDM mengatakan bahwa Peresmian Injeksi Perdana Uji Coba Lapangan Surfaktan Minas Tahap II ini dibiayai oleh PT CPI dan Negara dimana apabila kondisi terburuk terjadi maka kedua belah pihak tidak menanggung kerugian yang begitu besar begitu pula sebaliknya.

Sementara Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam sambutannya mengatakan

 “Injeksi Perdana Lapangan Surfaktan Tahap II ini merupakan salah satu acuan kedepan untuk meningkatkan produksi minyak Riau pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Keberhasilan  Proyek Surfaktan ini merupakan yang pertama di Dunia yang menerapkan Surfaktan dan polimer di lapangan minyak Minas yang dapat diadopsi oleh Lapangan Minyak dengan Keadaan Lapangan yang sama untuk meningkatkan produksi minyak mentah”.

Usai peresmian  dilanjutkan dengan peninjauan lapangan sekaligus meresmikan pengoperasian lapangan Surfaktan. Gubri dampingi Wamen ESDM dan Direksi Chevron saat meninjau Lapangan Surfaktan Minas Tahap II yang di dampingi Project manager On Site Surfaktan Feri Algerie di
Minas. (Rif)