Peresmian Pelantikan Anggota DPRD Kepulauan Meranti Periode 2014-2019

Kamis, 18 September 2014

Sekda Provinsi Riau Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Priode 2014-2019.

Sekda Provinsi Riau Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Priode 2014-2019.

SELATPANJANG, Beritaklik.Com -
30 Anggota DPRD Kepulauan Meranti periode 2014-2019 resmi dilantik, Senin (15/9) oleh Ketua Pengadilan Negeri Sarah Louis Sarah SH Mhum di gedung balai sidang DPRD Kepulauan Meranti Jalan Terpadu Selatpanjang, Kepulauan Meranti.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Zaini Ismail dan Wakil Bupati, Drs H Masrul Kasmy MSi. Pelantikan itu didominasi dari wajah baru. Dari 30 anggota DPRD terpilih 2014-2019 sebanyak 17 orang adalah angggota DPRD baru, sementara sisanya 13 orang incumben atau wajah lama.

Sebelum pelantikan dilakukan rapat paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD periode 2010-2014, Hafizoh SAg MM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris Dewan, Drs H Nuriman Khair MM.

Usai pelantikan, dilakukan penyerahan palu dari Ketua DPRD periode 2010-2014 kepada Ketua DPRD sementara Fauzi Hasan SE. Setelah nya dilakukan rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD sementara.

"Perjalanan kita masih panjang, kita menyadari bahwa sebanyak yang telah kita capai, akan lebih banyak lagi problem yang kita hadapi, akan lebih banyak pula yang akan harus kita segerakan untuk mempercepat perubahan dan pembaharuan. Masih bayak tugas untuk melayarkan bahtera kabupaten Kepulauan Meranti kedermaga yang kita tuju, membutuhkan upaya sungguh-sungguh dan kerja keras bersama," kata Fauzi Hasan SE.

Dikatakannya program pembangunan, megurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, dikabupaten Kepulauan Meranti harus dilaksanakan. Lebih jauh, disebutkannya jabaran-jabaran sudah barang menjadi pekerjaan rumah bagi anggota DPRD yang baru. "Sekali layar terkembang, surut kita berpantang," tegasnya.

Yang terpenting dari segala yang penting kata Fauzi Hasan lagi adalah komitmen anggota DPRD dalam seiya sekata, sederap selangkah guna mewujudkan visi misi membangun Kepulauan Meranti.

"Bersatu kita akan sampai ketujuan, bercerai kita akan terkulai, dipersimpangan jalan, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, inilah tekat dan komitmen yang akan kita bangun kedepan," terangnya.

Dia juga menyadari bahwa kedepan akan terjadi banyak pergeseran dan perubahan baik dalam pranata sosial, maupun dalam tatanan kehidupan perpolitikan.

Setiap pribadi, tambahnya tentu akan berpacu bagaimana menempatkan diri kedalam barisan terdepan merebut peluang peningkatan pembangunan melalui pengalokasian anggaran yang tersedia.

"Disinilah perlunya kearifan dan kebersamaan menjaga agar anggaran dapat didistribusikan secara adil dan merata untuk kepentingan rakyat," ujarnya.

Pada kesempatan itu Sekdaprov Riau Zaini Ismail yang hadir mewakili Gubernur Riau H Anas Maamun mengatakan pelantikan tersebut sebagai manivestasi dari undang-undang dasar dan menjadi Satu-satunya instrumen yang dilaksanakan 5 tahun sekali.

"Ini menandakan kita sudah mampu melaksanakan amanat konstitusi, bukan atas dasar kekusaan, tapi hukum," katanya.

Secara konseptual tambah Zaini yang membacakan pidato Gubri DPRD Kepulauan Meranti bagian dari Pemerintah kabupaten (Pemkab). Dalam UU 32 tahun 2004, DPRD ditetapkan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

"DPRD dipilih melalui pemilihan dan mengisaratkan sebagai perpanjangan partai politik. Namun sebesar apapun kepentingn partai politik, akan lebih besar lagi kepentingan masyarakat," katanya.

Sebanyak tiga fungsi DPRD yang akan dijalankan adalah fungsi legislasi dengan pembentukan produk hukum, anggaran yang dipuntukkan bagi kepentingan masyarakat seperti pemberantasan kemiskinan, pelestarian lingkungan dan lainnya serta Fungsi pengawasan.

"Peran DPRD adalah bersama Bupati dalam sinergisitas dalam membangun kepulauan Meranti," sebutnya.

Hadir juga dalam pelantikan DPRD kemarin, Kapolres, Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Ketua MUI H Nizam Munadi S.Ag Ketua RKepulauan Meranti H.Ustad Ridwan Hasan , Ketua KPU, Yusli SE, Ketua Panwaslu, Imam Bashori SH, Hasan SAg, Ketua KONI, H Jaapar SP dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Meranti, maupun pejabat dari instansi vertikal yang ada di Kepulauan Meranti. Sumber : riauheadline.com (Bki)