Distanak Akan Sosialisas Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Ahad, 28 September 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Jika tidak ada aral melintang, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis akan menggelar sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 2014/1435 H. Sosialisasi yang dijadwalkan Selasa depan itu dinilai sangat penting, mengingat kesehatan hewan kurban wajib diperiksa sebelum disembelih.

Demikian disampaikan Kepala Distanak Kabupaten Bengkalis H. Arianto, Kamis (25/9). Menurutnya, sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban itu akan dilaksanakan di Kantor Distanak.

"Untuk pemahaman masyarakat sebelum menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha Tahun 2014/1435 H, direncanakan Selasa ini kita akan menggelar sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban,'' kata H. Arianto.

Menurutnya lagi, kendati masuknya hewan kurban ke Bengkalis telah melalui proses pemeriksaan di Karantina Hewan. Akan tetapi ada baiknya lebih didalami lagi, karena hewan sebelum disembelih (antemortem) dan setelah disembelih (postmortem) di luar Rumah Pemotongan Hewan (RPH) terlebih dahulu dicek kesehatannya.

Tidak hanya permasalahan kesehatan hewan kurban saja, sambungnya. Juru sembelih halal di masjid/sekolah dan penetapan standar minimal tempat pemotongan hewan juga menjadi tanggungjawab pemerintah.

"Untuk surat edaran terkait dengan kesehatan hewan ini, kita sudah sampaikan ke camat dan kantor dinas atau SKPD. Mudah-mudahan semua hewan kurban kita yang masuk melalui pemeriksaan Karantina sehat semua,'' terangnya lagi.

Lebih lanjut H. Arianto mengatakan, untuk Idul Adha Tahun 2014/1435 H, Distanak juga ikut menyumbangkan hewan kurban, sebanyak 2 ekor hewan kurban, satu ekor akan diserahkan kepada masyarakat kurang mampu di Kecamatan Bantan. (Bku)