Perkembangan Sejumlah Proyek Multiyears Kembali Dipertanyakan Dewan

Sabtu, 18 Oktober 2014

BENGKALIS, Beritaklik.Com - DPRD Kabupaten Bengkalis segera memanggil Kadis Pekerjaan Umum (PU), Muhammad Nasir, untuk mempertanyakan perkembangan sejumlah proyek Multiyears (MY). Secara kasat mata, progres sejumlah proyek yang menelan anggaran Rp 2,4 triliun tersebut, masih jauh dari harapan atau dibawah target.

Bahkan, untuk paket jalan poros Bengkalis-Ketamputih yang terlihat progresnya lebih cepat dibanding yang lain, juga ditengarai masih dibawah standar. Sementara paket yang lain seperi jalan poros Tanjung Kapal-Pangkalan Nyirih, jalan Lingkar Bukit Batu-Siak Kecil, jalan poros Bukit Batu-Duri, juga masih jauh dari harapan.

"Dalam waktu dekat kita akan panggil Kadis PU, mempertanyakan progres proyek Multiyears. Dari kasat mata kita bisa lihat progresnya masih sangat jauh. Tidak hanya itu, banyak persoalan lain yang juga akan kita pertanyakan termasuk apa yang menjadi kendala di lapangan," ujar Wakil Ketua DPRD Bengkalis, H Indra Gunawan, Rabu (15/10).

Melihat berbagai persoalan dan kendala di lapangan, pria yang akrab disapa Eet ini, pesimis proyek Multiyears akan selesai sesuai target yang ditetapkan. "Ya kita bisa tengok sendiri bagaimana perkembangannya di lapangan. Ada yang dikerjakan tapi sangat lambat, bahkan ada yang baru dikerjakan,'' imbuh Eet.

Sementara itu senter terdengar, bahwa DPRD Kabupaten Bengkalis bakal membentuk Panitia Khusus (Pansus), diantaranya tentang proyek Multiyears. "Memang da rencana ke arah sana, tapi kita belum pastikan kapan waktunya," ujar Eet lagi.

Tak ada yang luar biasa dari pembentukan Pansus tersebut sebut Eet, hal itu hanya pengejawantahan fungsi yag ada pada anggota DPRD itu sendiri. "Intinya, kita mendesak kepada pemerintah untuk menjelaskan, sampai di mana prosesnya dan apa kendalanya. Bukan hanya soal realisasi atau progres pekerjaan tapi juga realisasi anggaran yang sudah dicairkan," sebut Eet. (Bku)