E-KTP Bengkalis Diserahkan Bupati

Kamis, 17 Januari 2013

Bupati Bengkalis H.Herlian Saleh Serahkan E-ktp kepada Masyarakat.

BENGKALIS-Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menyerahkan secara simbolis Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP kepada masyarakat yang dipusatkan di aula belakang Kantor Camat Bengkalis, Kamis (17/1) sore. Acara dihadiri para kepala dinas, Camat Bengkalis, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Bengkalis.

Dalam sambutannya Bupati  mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang  setinggi-tingginya kepada Dinas Kependudukan, Catatan Sipil Kabupaten Bengkalis, UPTD Disdukcapil, Kecamatan, Lurah dan Desa yang telah berupaya maksimal mensukseskan program e-ktp.

“Apalagi hanya dalam waktu dua tahun  kita sudah bisa menyiapkan e-KTP ini dan dibagikan kepada masyarakat. Sementara di negara luar bisa mencapai waktu 6 hingga 7 tahun,” ujar Bupati.

Diakui Bupati, keberhasilan program e-KTP di Kabupaten Bengkalis berkat sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Oleh karena ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat atas partisipasinya dalam menyukseskan program e-KTPP di Kabupaten Bengkalis yang merupakan program nasional.

Kartu tanda penduduk elektronik atau e-ktp merupakan bagian dari tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan undang–undang republik indonesia nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan dan peraturan presiden nomor 26 tahun 2009 tentang penerapan ktp berbasis nomor induk kependudukan.

Kartu Tanda Penduduk merupakan salah satu dokumen kependudukan yang sangat penting, dan juga merupakan identitas diri yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara yang telah berusia 17 tahun atau yang telah nikah. Pada lembaga pemerintah, swasta dan lainnya selalu membutuhkan kartu tanda penduduk sebagai prasyarat administrasi dalam pengurusan berbagai keperluan sehari-hari.

Terlebih tahun 2013 dihadapkan dengan pemilihan kepala daerah Pilkada Gubernur Riau. Kemudian tahun 2014 dilanjutkan dengan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden, serta pada tahun 2015 dilaksanakan Pilkada Kabupaten Kengkalis. Keberadaan e-KTP ini memegang peranan penting dalam menyukseskan pesta demokrasi itu. untuk itu, bagi masyarakat yang hingga kini belum melakukan perekaman data, agar secepatnya datang ke kantor uptd di kecamatan.

Jumlah masyarakat Kabupaten Bengkalis yang telah melakukan perekaman data e-KTP mencapai 284.547 jiwa atau sebesar 83,14 persen. Dari total itu, alhamudulillah e-KTP yang sudah diterbitkan oleh pusat sebanyak 210.645 lembar atau 74,03 persen. khusus untuk kecamatan bengkalis, jumlah e-ktp yang diterbitkan mencapai 36.295 (79,45 persen) dari total 45.685 jiwa (78,68 persen).

“Terkait masih ada warga kita yang belum melakukan perekeman data e-KTP, saya minta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Camat, Lurah dan Kepala Desa lebih aktif mengimbau warganya. Bila perlu petugas di lapangan melakukan penyisiran dengan ‘jemput bola’ mendatangi rumah-rumah warga yang disinyalir belum melakukan perekaman data,” pesan Bupati.(bk.um)