Wabup Berikan Santunan Korban Kebakaran

Rabu, 21 Januari 2015

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Wakil Bupati Bengkalis, Suayatn menyerahkan bantuan kepada Munandar (50) pemilik rumah yang terbakar di Desa Pendekik, Selasa (13/1/2015). Penyerahan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meringankan beban korban.

Penyerahan didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Damkar, M Jalal disampingi oleh Sekretaris Desa, Maskur dan sejumlah perangkat desa Pendekik. Bantuan yang diberikan kepada Munandar berupa bahan makanan dan bahan material berupa seng sebanyak lima kodi, serta peralatan pendukung lainnya.

"Jangan dilihat besarnya nilai dari bantuan ini, tapi ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk meringankan beban korban," ujar Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno saat menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran.

Pada kesempatan itu, Wabup menyatakan keprihatinan yang mendalam atas musibah kebakaran yang dialami oleh Munandar. Hendaknya, Munandar beserta keluarga tabah dan sabar menerima musibah yang dihadapi. Karena musibah tersebut merupakan sebuah ujian dari Allah, SWT yang dapat dipetik iktibarnya. "Kita sangat prihatin dengan musibah ini," ujarnya.

Terkait musibah kebakaran yang sering melanda rumah warga, Suayatno menghimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada. Terutama agar memperhatikan masalah instalasi listrik di rumah, mengingat musibah kebakaran disebabkan oleh arus pendek listrik. Di samping itu, juga disebabkan kelalaian tidak memati api kompor dan peralatan memasak di dapur.

Ke depan, Wabup minta agar warga untuk memperhatikan penggunaan instalasi listrik di rumah yang memenuhi standar. Begitu juga dengan peralatan di dapur, hendaknya juga harus diperhatikan, terlebih bagi warga yang ingin berpergian.

Sementara itu, Kepala BPPD dan Damkar Bengkalis, M Jalal, menerangkan musibah kebakaran ini terjadi pada Minggu (11/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu rumah dalam keadaan kosong di tinggal pemilik rumah yang sedang menghadiri pesta pernikahan di rumah tetangganya.

Lebih lanjut Jalal, menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dalam mengantisipasi musibah kebakaran rumah. Terlebih dalam beberapa hari ini, cuaca panas di Bengkalis panas terik, sehingga sangat rentan dengan kebakaran. "Untuk menghindari kebakaran, warga harus waspada dan hati-hati," tandasnya. (Bku)