Gerakan Pramuka Mandau Dinobatkan Kwaran Tergiat I di Bengkalis

Senin, 26 Januari 2015

Sekretaris Daerah H Burhanuddin menyerahkan penghargaan kepada Kwaran Mandaui sebagai Kwaran Tergiat I se-Kwarcab Bengalis periode 2008-2015, Jumat (16/1) malam.

Sekretaris Daerah H Burhanuddin menyerahkan penghargaan kepada Kwaran Mandaui sebagai Kwaran Tergiat I se-Kwarcab Bengalis periode 2008-2015, Jumat (16/1) malam.

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Prestasi gemilang berhasil diraih Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Mandau. Berkat kesungguhan dan kerja keras dalam melakukan pembinaan, Kwaran Mandau dinobatkan sebagai Kwaran Tergiat I se-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis periode 2008-2015. Sementara untuk Tergiat II dan III, masing-masing diraih Kwaran Bengkalis dan Bantan.

Disaksikan Ketua dan Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau HM Azaly Johan dan H OK Nizami Jamil, serta Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis Riza Pahlefi, penghargaan itu diserahkan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis Burhanuddin.

Penyerahan penghargaan untuk Kwaran Mandau itu dilakukan sempena pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) IX Gerakan Pramuka Bengkalis. Pembukaan Muscab IX tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Bengkalis, Jumat (16/1/15) kemarin malam.

Sementara itu, Riza menjelaskan, untuk Provinsi Riau, Kwarcab Bengkalis Gerakan Pramuka kembali dinobatkan sebagai Kwarcab Tergiat I untuk periode 2009-2014.

Pentasbihan sebagai Kwarcab Tergiat I ini, sambung mantan Wakil Bupati Bengkalis 2000-2005 ini, diberikan Kwarda Riau pada saat pembukaan Musyawarah Daerah XI Gerakan Pramuka Riau di Kabupaten Kampar pada 22 Desember lalu.

Masih kata Riza, keberhasilan ini merupakan prestasi ketiga kalinya yang diraih Kwarcab Bengkalis secara berturut-turut. Atau selama 15 tahun penghargaan itu tidak pernah lepas dari Kwarcab Bengkalis. Artinya, selama satu setengah dasa warsa tahun terakhir, Kwarcab Bengkalis adalah yang terbaik di Bumi Lancang Kuning.

Untuk pertama kali Kwarcab Bengkalis dinobatkan sebagai Kwarcab Tergiat I se-Kwarda Riau, imbuhnya, pada periode 1999-2004. Prestasi itu kembali dapat dipertahankan pada periode 2004-2009.

"Alhamdulillah, berkat kebersamaan, kerja keras dan upaya berkesinambungan seluruh pemangku kepramukaan di daerah ini, pada periode 2009-2014, prestasi itu kembali dapat dipertahankan," papar Riza, menceritakan kunci keberhasilan Kwarcab Bengkalis.

Pemangku kepramukaan yang dimaksud Riza adalah Gugus Depan, Kwarran, Pengurus Kwarcab, Majelis Pembimbing Cabang, Andalan, Pembina dan Pelatih Pramuka. Diakuinya, selama ini para pemangku kepramukaan tersebut memang tidak pernah kenal lelah dan senantiasa bahu membahu untuk memajukan Gerakan Pramuka di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

"Prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Keberhasilan ini mustahil dapat diraih tanpa dukungan Pemkab Bengkalis," tegas Riza, seraya berharap ke depan dukungan serupa dapat dipertingkatkan lagi. (Bkf)