Xperia Tablet Z, Ambisi Sony Untuk Berkuasa

Selasa, 22 Januari 2013

Sony Xperia Tablet-Z

Pada tahun 2011 yang lalu, Sony sempat menyatakan tekad untuk menjadi salah satu pemain terbesar di pasar teknologi dan Gadget dunia. Tak main-main, perusahaan asal Jepang tersebut menegaskan bahwa mereka ingin duduk di posisi kedua sebagai brand terbaik di kategor tablet PC. Wajar, karena nama Sony sendiri telah dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Namun beberapa pihak menyebutkan bahwa rencana untuk menjadi salah satu pemain utama di pasar tablet PC masih terlalu ambisius. Pasalnya, Sony sempat mengalami kegagalan kala meluncurkan Tablet S dan Xperia Tablet S. Keduanya dinilai masih belum mampu membuat sebuah gebrakan berarti. Seolah ingin memperbaiki usahanya, Sony kembali merilis tablet PC terbarunya yang sayangnya juga kurang sukses, yaitu Tablet P.

Kini, Sony kembali berusaha untuk membuat sebuah gebrakan. Seusai meluncurkan smartphone Xperia Z yang digadang-gadangkan sebagai ponsel terbaik di tahun 2013, Sony memperkenalkan tablet PC berjuluk Xperia Tablet Z. Produk tersebut untuk pertama kalinya diperkenalkan pada 20 Januari 2013 lalu. Dan di kesempatan kali ini, semua mata tertuju kepada Sony.

Sony Xperia Tablet Z memiliki ukuran badan yang akan membuat sebagian konsumen cukup tertarik. Dengan hanya memiliki ketebalan hingga 6,9 mm, Beberapa pihak mengklaim bahwa Xperia Tablet Z adalah tablet PC tertipis di dunia untuk saat ini. Bila dibandingkan dengan iPad Mini yang berukuran 7,2 mm, maka Xperia Tablet Z jelas menjadi pemenangnya.

Bentuk desainnya pun mengalami pembaruan, karena Sony terlihat ingin meninggalkan bentuk "majalah” seperti yang terlihat di Sony Tablet S atau Xperia Tablet S. Sony sengaja membuat Xperia Tablet Z mendekati si “saudara kembar”, Sony Xperia Z. Bobotnya yang hanya mencapai 495 gram juga dianggap salah satu nilai plus tablet PC buatan Sony ini.

Sebagian reviewer memang menyatakan bahwa Xperia Tablet Z yang diperkuat dengan layar sebesar 10,1 inchi dengan ukuran 1920x1200 megapixel, belum bisa bersaing langsung dengan Nexus 4 dan iPad dalam hal tampilan grafis. Namun situs The Verge menyebutkan bahwa tampilan gambar Xperia Z masih lebih baik bila dibandingkan Nexus 7, Samsung Galaxy Note 10.1, dan Microsoft Surface RT.

Selain dari sisi tampilan grafis, Sony juga memberikan sebuah fitur yang cukup luar biasa di sisi suara. Dengan menggunakan fitur yang bernama "S-Force Front Surround 3D", Anda akan bisa merasakan bagaimana gelombang suara berputar di sekitar Anda dan memberikan sebuah sensasi yang berbeda saat mendengarkan sebuah lagu.

Menurut situs The Verge, Sony akan segera merilis produk unggulannya yang satu ini di Jepang pada musim semi (Maret hingga Mei 2013). Belum ada informasi pasti mengenai rencana peluncuran di negara-negara lain dan juga harga yang akan melabeli Sony Xperia Tablet Z. Alhasil, Anda masih harus menunggu lebih lama lagi bila benar-benar ingin memiliki tablet PC ini.(bk.1)