Harga Emas Merosot!

Kamis, 24 Januari 2013

Batangan Emas/Ilustrasi-Ist

JAKARTA. Harga emas terus merosot di sesi pasar Asia. Di bursa Shanghai, harga emas merosot ke level US$ 1.681,95 per ons troi. Tidak jauh beda dengan harga emas di bursa New York di level US$ 1.681,80 per ons troi atau tergerus 0,28% dari harga penutupan sebelumnya.
Ibrahim, analis Harvest International Futures, menuturkan, melemahnya harga komoditas logam mulia itu karena para pelaku pasar masih memantau perkembangan batas utang Amerika Serikat (debt ceiling). "Investor juga masih menunggu data ekonomi dari zona eropa yakni PMI Index Prancis dan Jerman," kata dia.
Ibrahim menyarankan investor untuk menjual emas. Pergerakan emas sendiri diprediksi akan berada di rentang support US$ 1.669,70 per ons troi dan level resistance US$ 1.694,90 per ons troi.Penurunan harga emas terjadi seiring rencana Senat AS  menggelar voting untuk menunda batasan utang AS. Sekadar tambahan informasi, Senat AS diharapkan menyetujui legislasi yang dapat menunda batasan utang AS senilai US$ 16,4 triliun hingga 19 Mei mendatang.
Faktor lainnya, investor juga mencemaskan  permintaan emas di India semakin menurun. Menurut UBS AG, permintaan emas dari India akan menurun dalam beberapa hari ke depan karena buyer memilih untuk menunggu kejelasan mengenai detil kenaikan pajak impor emas yang akan diumumkan pekan ini.
"Pelaku pasar menunggu hasil voting. Belum ada berita positif dari segi permintaan fisik emas dan saat ini belum ada insentif bagi pasar emas untuk bergerak lebih tinggi," papar David Lee, vice president Heraeus Precious Metals Management di New York.(bk.1)