Pacu Sampan Tradisional Lestarikan Budaya

Senin, 28 Januari 2013

Ketua DPD FPR Siak Ruslan Lai saat menyerahkan hadiah kepada pemenang kedua lomba sampan Tradisional

SIAK-Lomba sampan tradional yang diselenggarakan oleh DPD Porum Peduli Riau(FPR) Kabupaten Siak, Sabtu (26/1) kemaren, dikuti sebanyak 29 regu dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

Lomba pacu sampan tradisional yang berlansung di turap Kampong Rempak tersebut mendapat sambutan yang positif dari berbagai kalangan masyarakat termasuk dari Pemerintah Kabupaten Siak.

Wakil Bupati SIak Drs H Syamsuar.M,Si saat membuka acara pacu sampan tradional mengatakan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten siak sebagai daerah kunjungan wisata yang handal, tentunya untuk mendongkrak ketenaran wisata yang dimiliki oleh daerah perlu dukungan dari semua pihak yang kreatif yang harus dimunculkan ke publik.

"Oleh sebab itu, lomba pacu sampan tradisional ini, dapat kita jadikan sebagai ajang untuk mempromosikan wisata sekaligus sebagai upaya kita semua untuk melestarikan budaya tradisional di Negeri Istana," sebut Wabup.

Sebab untuk mempromsikan Daerah, lanjutnya, tidak hanya dilakukan lewat situs-situs sejarah yang ada saja, akan tetapi meningkatkan kepariwisataan menjadi tanggung jawab semua pihak, "yang harus kita lestarikan lewat berbagai sentuhan termasuk seperti yang dilakukan oleh Porum Peduli Riau ini," puji Wabup.

Sementara itu, Drs H Jamaludin M,SI ketika menutup kegiatan lomba sampan Tradisonal mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak merencanakan kegiatan lomba pacu sampan tradisional ini akan dilaksanakan  3 bulan sekali.Sebab lokasi pelaksanaanya merupakan titik yang cukup strategis yang bersaman dengan wilayah kulner malam.

"Tentunya dalam konteks plusnya memberikan dampak yang posistf terhadap pedagang yang ada disekitarnya," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Jamal, kedepannya pelaksanaan pacu sampan tradisional ini harus dilakukan pada hari libur seperti hari minggu, "dengan demikian tentunya kedepan dengan helat ini tentunya pemda berharap mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Siak nantinya," harap Jamal.

Dari lomba pacu sampan tradional ini juara I diraih oleh tim Denak Sungai Mempura, juara II  diraih tim Mempura Jaya, juara III diraih oleh Tim Forum Peduli Riau dan juara IV diraih oleh tim Pusako. (rel)