Bupati Serahkan Bantuan Peralatan Belajar di SMKN 1 Dan SMKN 2

Ahad, 22 Maret 2015

Bupati H Herliyan Saleh menyerahkan bantuan peralatan belajar pada acara pelantikan taruna dan taruni SMK Negeri 1 Pelayaran dan SMK Negeri 2 Penerbangan, Senin (16/3).

Bupati H Herliyan Saleh menyerahkan bantuan peralatan belajar pada acara pelantikan taruna dan taruni SMK Negeri 1 Pelayaran dan SMK Negeri 2 Penerbangan, Senin (16/3).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh, Senin (16/3-2015) menyerahkan bantuan peralatan belajar bagi SMK Negeri 1 Pelayaran dan SMK Negeri 2 Penerbangan. Acara penyerahan bantuan tersebut sejalan dengan pelantikan para Taruna-Taruni SMKN 1 Pelayaran dan SMKN 2 Penerbangan.

Dalam sambutannya Herliyan mengatakan, pendidikan adalah modal penting dalam mengarungi perubahan dan perkembangan era modern yang semakin kompetitif seperti sekarang ini. Hal ini mengingat pendidkan adalah 'mata uang' yang berlaku di semua negara yang artinya dengan pendidikan yang maju dan berkualitas, maka sudah mempunyai separuh modal dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin tanpa batas dan penuh persaingan.

Menurut Herliyan, di tahun 2015 ini, bersama bidang Kesehatan dan Infrastruktur serta beberapa sektor lainnya, Pendidikan akan tetap menjadi prioritas utama pembangunan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Dan sebagai salah satu prioritas pembangunan, maka upaya yang dilakukan Pemkab Bengkalis adalah memperbanyak SMK.

Ditambahkan, penambahan jumlah SMK ini, dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkab Bengkalis dalam menciptakan tenaga-tenaga terampil yang siap pakai atau kerja, serta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Dijelaskan pula, bahwa ada empat alasan Pemkab Bengkalis dalam memperbanyak SMK. Yang pertama, karena SMK menghasilkan sumber daya manusia yang spesifik atau memiliki kekhususan dimana melalui SMK, siswa diprogram untuk berkomitmen pada ketrampilan tertentu sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada usaha untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan itu.

"Semakin khusus keterampilanya maka semakin mudah ia mengembangkan keterampilan itu," jelasnya. Kedua, papar Herliyan, menyangkut keanekaragaman jalur keahlian dalam SMK yang mencerminkan diferensiasi atau membedakan siswa/lulusan satu terhadap siswa/lulusan lainnya. Diferensiasi jalur keahlian dalam SMK mengimplikasikan spesifikasi satu lulusan tertentu terhadap satu lulusan lainnya, sehingga para lulusan SMK relatif 'tidak hilang dalam kerumunan' di antara lulusan-lulusan sekolah menengah lainnya.

Ketiga, melalui SMK, maka siswa dapat 'memperpendek masa studi', sehingga mengurangi beban ekonomi orang tua siswa atas biaya pendidikan anaknya. Dan keempat, melalui SMK, maka siswa SMK dapat 'memperpanjang masa magang', sehingga mengurangi biaya on the job training atau pelatihan yang seharusnya dipikul perusahaan atau industri yang mempekerjakan.

Adapun Taruna-Taruni yang dilantik di halaman SMKN 2 Pelayaran di Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, kabupaten Bengkalis itu, sebanyak 90 orang yang terdiri 61 orang Taruna-Taruni SMK Negeri 1 Pelayaran Angkataan XI Program Studi Pelayaran dan Teknologi Informasi, dan 29 orang dari SMK Negeri 2 Penerbangan Angkatan I Program Studi Teknologi Pesawat Udara. (Bkf)