Parpol di Bengkalis Buka Pendaftaran Caleg 2014

Selasa, 29 Januari 2013

Parpol Peserta Pemilu 2014

BENGKALIS.Sejumlah partai politik di Kabupaten Bengkalis mulai membuka pendaftaran untuk menjadi calon legislatif Pemilu Legislatif 2014 mendatang. Pendaftaran tidak hanya untuk kalangan internal atau pengurus parpol, sejumlah parpol juga membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk ikut bertarung menjadi wakil rakyat.

Seperti yang dilakukan Partai Gerindra Kabupaten Bengkalis. Parpol yang didirikan mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto tersebut sudah membuka pendaftaran untuk ikut maju menjadi caleg tahun 2014. Untuk pendaftaran caleg yang dilakukan Gerindra, persyaratannya mengacu kepada Undang-Undang Pemilu serta petunjuk pelaksanaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sejak tanggal 15 Januari 2013 lalu, kita membuka pendaftaran bagi seluruh kalangan untuk mendaftarkan diri maju menjadi caleg DPRD Bengkalis periode 2014-2019. Kesempatan menjadi caleg dari Gerindra tidak hanya terbatas untuk pengurus parpol semata, melainkan juga terbuka untuk kalangan masyarakat umum, pemuka masyarakat, tokoh pemuda, aktifis organisasi dan lainnya,” papar Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Bengkalis, Oce Saputera, Senin (28/01).

Pendaftaran caleg Gerindra akan ditutup tanggal 28 Februari 2013. Persyaratan mengisi formulir, menyerahkan foto copy KTP, kartu keluarga, pas photo serta curiculum vitae (CV) caleg bersangkutan ke pengurus Partai Gerindra Kabupaten Bengkalis.

Berbeda dengan yang dilakukan DPD II Partai Golkar Kabupaten Bengkalis, partai berlambang beringin tersebut sudah melakukan pendaftaran caleg sejak beberapa waktu lalu. Sekretaris DPD II PG Bengkalis, Syahrial ketika dikonfirmasi kemarin menyebutkan bahwa saat ini PG tinggal melakukan pematangan serta penjaringan bakal caleg yang namanya sudah dikantongi pengurus.

 “Kita sudah mulai sejak beberapa waktu lalu. Sekarang tinggal penjaringan, pematangan bakal caleg maupun pembagian daerah pemilihan bakal caleg bersangkutan,” ulas Syahrial yang juga bakal caleg Golkar dari Pulau Rupat ini.

Partai Golkar sambung Syahrial, mewajibkan seluruh bakal caleg untuk mengikuti orientasi fungsionaris sebagai salah satu syarat maju menjadi caleg dari Golkar. Bahkan, Golkar bakal lebih mengutamakan kadernya sendiri terlebih dahulu untuk diprioritaskan maju menjadi caleg.

Sementara soal pembagian dapil, diakui Syahrial, hingga sekarang Golkar Bengkalis masih menunggu pembagian dapil secara keseluruhan, termasuk dapil Mandau khususnya yang bakal dipecah dua. “Golkar sendiri sudah mengantongi nama-nama bakal caleg sejauh ini. Tapi kita masih menunggu keputusan KPU tentang tatacara pencalonan maupun pembagian dapil di Bengkalis ini,”tutup pria asli Rupat ini.(bku)