Pemilu 2014, Nasdem Bengkalis Usulkan 65 Bacaleg

Rabu, 30 Januari 2013

BENGKALIS.Pengurus DPD Partai Nasional Demokrat Kabupaten Bengkalis sudah mengusulkan sekurang-kurangnya 65 nama bakal calon legislatif ke DPP di Jakarta. Nama-nama bacaleg yang diusulkan tersebut saat ini masih dilakukan proses penyeleksian sesuai aturan dan mekanisme yang ditetapkan partai. 

“Untuk Bacaleg dari DPD Partai NasDem di Kabupaten Bengkalis guna menghadapi Pemilu 2014 mendatang, nama-namanya sudah kita usulkan ke DPP baru-baru ini. Mereka (Bacaleg) diusulkan berdasarkan daerah pemilihan (Dapil) yang ada,” ujar Asruari Misda, salah seorang fungsionaris Partai NasDem Kabupaten Bengkalis, baru-baru menyampaikan kepada media.

Selain para bacaleg yang diusulkan itu adalah para pengurus dan kader partai yang ada di Kabupaten Bengkalis, termasuk nama-nama yang diusulkan dari DPW, juga diisi oleh para simpatisan serta tokoh masyarakat yang sudah menyatakan diri bergabung bersama NasDem.

Pria yang aktif di sejumlah organisasi kemasyarakatan ini lebih lanjut menyebut, sebelum nama-nama Bacaleg yang diusulkan tersebut nantinya ditetapkan sebagai caleg dan sesuai tahapan Pemilu akan didaftarkan namanya di KPU Bengkalis, para Bacaleg ini terlebih dahulu diwajibkan mengikuti sejumlah aturan yang ditetapkan partai, dan ini merupakan proses dan tahap penjaringan yang mesti dijalani.

 “Sebelum ditetapkan sebagai caleg, ada beberapa persyaratan administrasi kelembagaan dan administrasi personalitas partai yang mesti dipenuhi setiap Bacaleg. Diantara persyaratan itu, sebelum ditetapkan menjadi Caleg dari Partai NasDem, setiap Bacaleg harus memenuhi standard O 250, yakni masing-masing Bacaleg harus mampu mendapatkan dukungan sebanyak 250 orang. Kemudian, dari 250 orang itu dikembangkan lagi menjadi 1000 pendukung,” ujar Asruari lagi.

“Setiap bacaleg yang mampu mendapatkan dukungan dari 1.000 orang, baru bisa ditetapkan sebagai caleg NasDem, termasuk memperhatikan berbagai ketentuan lain yang harus dipenuhi,” imbuh pria yang juga menyatakan diri maju sebagai caleg Partai NasDem untuk Dapil Bengkalis-Bantan.

 Disinggung mengenai 30 persen keterwakilan perempuan dalam nama-nama bacaleg yang diusulkan, menurut Asruari hal itu tetap menjadi perhatian partainya. Namun apabila nanti keterwakilan 30 persen Caleg ini ternyata belum terpenuhi, maka pihaknya semaksimal mungkin untuk memperbaikinya.

“Sesuai permintaan DPP, kita memang telah mengusulkan nama-nama Bacaleg ini. Namun untuk diketahui jika penerimaan Caleg ini masih belum final, karena bisa saja ada hal yang harus diperbaiki lagi dalam pengusulannya,” paparnya.

 Sesuai data yang diperoleh, sebanyak 65 orang Bacaleg Partai NasDem tersebut, diusulkan berdasarkan Dapil yang ada, masing-masing untuk Dapil Bengkalis-Bantan sebanyak 20 orang, Bukitbatu-Siakkecil 8 orang, Mandau 22 orang, Pinggir 10 orang, dan Rupat-Rupat Utara 5 orang.(bku)