Amdal Proyek Multiyears Nunggu SK Bupati

Kamis, 31 Januari 2013

BENGKALIS–Dokumen analisa mengenai dampak lingkungan untuk pelaksanaan kegiatan enam paket proyek multiyears (MY) sudah selesai dibahas. Pihaknya tinggal menunggu SK Bupati dan secara prosedural sudah tidak ada masalah.

“Tinggal nunggu SK Bupati, jadi tidak ada masalah. Memang sudah menjadi keharusan untuk kegiatan sebesar ini disertai dokumen Amdal,” ujar Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Bengkalis, Muhammad Nasir kepada media ini, Rabu (30/1).

Dokumen Amdal diperlukan untuk meminimalisir terjadinya dampak negatif terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan. Dampak dimaksud menurut Nasir bisa dari berbagai aspek seperti fisika, kimia, ekologi, sosial ekonomi maupun sosial budaya dan kesehatan masyarakat. Dengan adanya Amdal, Pemkab Bengkalis bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat tentang kelayakan lingkungan hidup terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

“Kita berharap proyek multiyears bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Sebisa mungkin kita minimalisir dampak negatif yang mungkin timbul dari pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Nasir.

Mengingat anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan proyek MY ini cukup besar, Nasir juga berharap peran serta masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan. Memang saat ini muncul berbagai isu tentang proyek tersebut yang diduga sarat KKN, untuk itu guna memastikan bahwa hal itu tidak terjadi, maka peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan juga sangat dibutuhkan. Pemkab menggulirkan sebanyak enam paket proyek MY dengan nilai mencapai Rp2,5 triliun. Untuk tahun ini dialokasikan anggaran sebesar Rp720 miliar dengan alokasi per kegiatan sebesar Rp120 miliar. Secara rinci kegiatan tersebut adalah proyek Jalan Lingkar Duri-Pakning sebesar Rp542,5 miliar dimulai dari Temiang-KM 27 dengan panjang 68,6 Kilometer. Selanjutnya, Jalan Lingkar Rupat-Batu Panjang, Desa Pangkalan Nyirih dengan nilai Rp528 miliar sepanjang 51 kilometer, Jalan Lingkar Duri Barat Rp394,8 miliar dimulai dari Desa Balai Makam-Desa Balai Raja panjang 34,15 Kilometer, Jalan Lingkar Duri Timur Rp235,9 miliar dari Gajah Mada-Simpang Tasik Serai panjang 42,43 kilometer, Jalan Bukitbatu-Siak Kecil Rp382,3 miliar mulai dari Buruk Bakul-Langkat dengan panjang 39,95 kilometer, Jalan Lingkar Bengkalis-Bantan Rp429,9 miliar yang akan melintasi Sungai Alam Pematang Duku-Pambang, dengan panjang 35 kilometer.(bku)