Hadapi Ramadan dan Idul Fitri Bupati Minta SKPD Tingkatan Koordinasi

Jumat, 12 Juni 2015

Sekretaris Daerah, Burhanuddin membuka Rapat Koordiansi Dalam Rangka Menghadapi Hari Besar Keagamaan di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (9/6).

Sekretaris Daerah, Burhanuddin membuka Rapat Koordiansi Dalam Rangka Menghadapi Hari Besar Keagamaan di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (9/6).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk meningkatkan koordinasi menjelang hari besar keagamaan, khusnya Ramadhan dan Idul Fitri. Koordinasi tidak selalu harus dalam bentuk rapat, melainkan bisa juga komunikasi melalui ponsel.

"Sekarang zamannya sudah canggih, jadi Kadisperindag kalau mau nanya segala sesuatu ke SKPD lain cukup dengan telepon. Jadi jangan menunggu rapat," ujar Bupati diwakili oleh Sekretaris Daerah, H Burhanuddin saat membuka Rapat Koordiansi Dalam Rangka Menghadapi Hari Besar Keagamaan, yang berlangsung di Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (9/6).

Ada beberapa hal yang menjadi fokus penekanan Burhanudin dalam pertemuan itu. Selain perlu ditingkatkannya koordinasi, Burhanuddin juga mengharapkan masing-masing stakeholder turut berperan menciptakan kondisi yang aman. Seperti SKPD terkait hendaknya memperhatikan kondisi terkini terhadap hal-hal yang bisa bisa mempengaruhi ketersediaan sembako maupun BBM. Berdasarkan kondisi yang ada tersebut, maka sudah bisa disusun langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan kalau terjadi masalah.

Kemudian kepada masyarakat, Burhanuddin mengimbau agar menjadi konsumen yang baik. Artinya, ujar mantan Asisten I Setdakab ini, konsumen hendaknya membeli barang-barang sesuai kebutuhan. "Jangan panik dan jangan menimbun, karena hal ini bisa memicu ketidakstabilan barang dan harga di pasaran," ujarnya.

Begitu juga kepada pengusaha, Burhanuddin mengingatkan sangat berperang dalam kelancaran ketersediaan sembako termasuk BBM. Pengusaha diminta untuk membantu Pemerintah dalam menyediakan berbagai kebutuhan serta menjaga agar harga di pasaran tetap stabil.

"Seperti halnya masyarakat, saya mengharapkan kepada para pengusaha untuk tidak menimbun barang dan tidak menaikkan harga diluar batas kewajaran. Yang namanya pengusaha ya pasti mengambil untung tapi tentu harus sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi dan aturan yang berlaku," papar Burhanuddin.

Rakor dimotori Dinas Perindustrian dan Perindustrian (Perindag) Kabupaten Bengkalis. Rapat diikuti oleh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait di seperti Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Bappeda, Dinas Pasar dan Kebersihan, Bulog Sub Devisi Regional Bengkalis, para camat se-Kabupaten Bengkalis dan pengusaha sembako serta BBM.

Sebelumnya, Ketua Panitia H Raja Arlingga menyebutkan, rapat koordinasi bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam pemantauan ketersediaan, distribusi dan harga pangan, serta melakukan antisipasi terjadinya gangguan ketersediaan pangan dan lonjakan harga yang dapat mengakibatkan keresahan pada masyarakat. Selain itu pertemuan itu juga membahas tentang ketersediaan BBM saat menyambut hari besar kegamaan khususnya Ramadhan dan Lebaran. (Bku)