Babinkamtibmas Bukit Batu Imbau Warga Jaga Keamanan Pribadi

Selasa, 30 Juni 2015

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis mengimbau masyarakat agar mengunci rumah sebelum meninggalkan rumah. Selain memastikan rumah sudah terkunci, juga harus memastikan bahwa api kompor juga sudah mati.

"Diimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati, mengunci serta memeriksa api yang masih menyala sebelum meninggalkan rumah," kata Kepala Babinkamtibmas Kecamatan Bukit Batu, Briptu Richi Sagita kepada wartawan, Rabu (24/6).

Ia mengatakan, kebakaran rumah didominasi akibat kelalaian pemilik rumah sebelum bepergian dari rumah tidak mencek api kompor. Apa lagi pada lebaran sebagian masyarakat banyak warga yang meninggalkan rumah (mudik). Untuk itu, sebelum meninggalkan rumah harus lebih dahulu memastikan kompor, listrik mati dan rumah terkunci.

"Saat ini bukan hanya kebakaran rumah saja yang dikhawatirkan, namun pencurian juga dikhawatirkan terjadi, karena rumah kosong sudah pasti menjadi incaran maling disaat penghuni pergi mudik," katanya.

Ia menjelaskan ada beberapa upaya yang bisa dilakukan penghuni rumah ketika berpergian mudik maupun bepergian meninggalkan rumah. "Seperti melapor ke RT/ RW atau pun tetangga ketika akan mudik, menginformasikan berapa lama kita akan meninggalkan rumah dan perkiraan kembali ke rumah. Selain itu pastikan aliran kabel ke kontak dicabut dan kunci pintu dan jendela," ujarnya. (Bku)