Tak Hadiri Hearing, Kadishubkominfo Bantah Lecehkan Dewan

Selasa, 30 Juni 2015

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Terkait adanya tudingan dari anggota Komisi II DPRD Bengkalis, Nurazmi Hasyim bahwa Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Jaafar Arief yang terkesan melecehkan DPRD Bengkalis karena tidak menghadiri undangan hearing, dibantah oleh yang bersangkutan.


Jaafar Arif ketika dikonfirmasi, Rabu (24/06/2015), menyebutkan, kalau dirinya tidak datang menghadiri hearing dengan Komisi II tersebut bukan karena disengaja. Melainkan sejak Minggu (21/06/2015) dirinya ikut kegiatan safari Ramadan Bupati Bengkalis, kemudian rapat koordinasi di Pekanbaru pada Senin-nya dan pada Selasa (23/06/2015) bertepatan dengan pelaksanaan hearing, dirinya mendampingi Kementerian Perhubungan ke Kecamatan Mandau.

"Saat pelaksanaan hearing Selasa itu saya mendampingi orang Kementerian Perhubungan dari Jakarta melakukan penilaian terhadap kinerja Dinas Perhubungan Bengkalis dalam rangka penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Kami sedang berada di Kecamatan Mandau setelah sebelumnya di Pekanbaru, sehingga ketidakhadiran saya hearing jangan diartikan melecehkan DPRD sebagai institusi," ujar Jaafar.

Dipaparkan Jaafar Arief, di sebuah SKPD apabila kepalanya tidak hadir, masih ada pejabat lain seperti sekretaris atau kepala bidang yang bisa mewakili kepala dinas atau kepala SKPD. Sehingga saat diundang menghadiri kegiatan hearing atau apapun bentuknya bisa diwakili, kecuali SKPD tidak mengirim langsung pejabat di SKPD-nya memenuhi undangan hearing tersebut.

Jaafar juga mengaku kecewa dengan statement salah satu anggota Komisi II yang menilai dirinya tidak serius dalam menghadapi berbagai persoalan menyangkut Dishubkominfo. Padahal sudah ada laporan mengenai kesiapan Dishubkominfo soal angkutan lebaran mulai dari penyeberangan roro, kapal penumpang dan angkutan darat yang akan diserahkan ke Komisi II saat hearing, tapi malahan mereka menolak hearing.

"Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada maksud melecehkan dewan. Ketidakhadiran saya heairng jangan disalahartikan atau dikaitkan dengan persoalan lain diluar agenda hearing tersebut. Karena selaku kepala SKPD kebetulan saya punya kesibukan lain diluar pulau Bengkalis pada saat itu," tutup Jaafar.

Sebelumnya anggota Komisi II, Nurazmi Hasyim mengaku kecewa dengan Kadishubkominfo Jaafar Arif yang tidak datang hearing ke DPRD Bengkalis tanpa alasan jelas. Padahal dewan ingin mempertanyakan progres serta planning menghadapi angkutan arus mudik lebaran. (Bku)