Arianto: Isntansi Agar Melakukan Hemat Energi

Selasa, 05 Februari 2013

BENGKALIS-PLN Rayon Bengkalis melakukan pemadaman bergilir menyusul beban puncak sudah mencapai 14,7 Megawatt. Sementara kapasitas daya mampu pembangkit listrik di PLTD Pangkalan Batang saat ini hanya 13.900 Kilowatt dari daya mampu terpasang 14,8 Megawatt.
“Untuk Pulau Bengkalis, Pemkab melalui Distamben sudah membangun jaringan ke sejumlah desa yang otomatis dialiri listrik. Hal ini akan berdampak terhadap pembangkit listrik di PLTD Pangkalan Batang yang kapasitas daya mampu 13.900 KW dari daya mampu terpasang 14,8 MW. Kita dengan sangat terpaksa harus melakukan  pemadaman sebagai salah satu upaya agar listrik tetap menyala dengan sistim giliran di saat beban puncak antara pukul 18.00-20.000 WIB," ujar Manajer PLN Rayon Bengkalis, Muchsis, Senin (4/2).
Selain pemadaman bergilir, PLN bersama Pemkab melakukan  sosialisasi hemat energi dengan mengimbau kepada seluruh pelanggan termasuk jajaran Pemkab dengan mematikan 2 bola lampu saat beban puncak. Ditambahkan pula, menjelang perayaan Imlek lonjakan beban makin dirasakan.M elalui Rapat Koordinasi Ketenaga Listrikan di Kantor Bupati Bengkalis yang dipimpin Asisten II H Arianto, juga mengimbau jajaran instansi agar bersama melakukan budaya hemat energi di Negeri Junjungan.


Diakui pasokan listrik di Bengkalis masih minim. Namun pihak PT BLJ dalam waktu dekat akan membangun pembangkit kapasitas 2 x35 MW di Kabupaten Bengkalis. "Dengan dibangunnya pembangkit tersebut harapan kita semua desa yang belum teraliri listrik bisa terwujud.  Pemkab Bengkalis melalui   Distamben sudah merencanakan untuk menyelesaikan pembangunan Jaringan tegangan menegah di pulau Bengkalis yang ipada 2013 sudah terealisasi. Informasi yang kita terima dari kepala Distamben Bengkalis saat ini hanya kesiapan pembangkit saja yang perlu perhatian khusus oleh PLN di Bengkalis," ujarnya, 
Dalam Rakor Ketenagalistrikan tersebut juga disampaikan desa-desa yang berprestasi dalam mendukung progrm sosialisasi hemat energi dan telah berhasil melaksanakan zero pelanggan penunggak listrik pada Triwulan IV tahun 2012 . Diantaranya 3 desa di Kecamatan Bantan dan  pelanggan golongan umum nol saldo tidak menunggak di Kecamatan Siak Kecil dan Bukit Batu.

"Manajemen PLN mengucapkan terima kasih atas prestasi dari jajaran Sub Rayon beserta pemerintahan yang sudah bekerja sama dalam sosialisasi gerakan hemat energi dan kesadaran membayar rekning listrik sebelum periode pembayaran. Sekarang jadwal tersebut kami himbau sebelum tanggal 15 sudah dapat melunasi tagihan rekening," tutupnya.(bku)