Ujian Nasional akan Serentak

Rabu, 06 Februari 2013

Kepala Dinas Pendidikan Riau Drs HM Wardan. (ist)

PEKANBARU- Pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini, jadwal antara siswa yang sekolah di pendidikan formal akan sama dengan jadwal mereka yang sekolah di pendidikan non formal atau Ujian Nasioanl Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C. Ini tentunya akan memberi dampak positif terutama bagi siswa peserta UN Pendidikan Kesetaraan.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau Drs HM Wardan MP saat menjawab wartawan, Rabu (06/02/13) di Pekanbaru, menurutnya kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional itu tidak akan memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Khususnya bagi siswa pendidikan kesetaraan, dengan diberlakukannya jadwal yang sama dengan siswa reguler, maka kesempatan mereka untuk bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi yakni dibangku kuliah akan lebih terbuka, karena mereka bisa sama-sama mendaftar dengan siswa dari sekolah reguler," jelas Wardan.

Mengenai kesiapan Riau sendiri dalam melaksanakan UN tahun ini, Wardan mengaku segera akan melakukan pertemuan dengan pihak Disdik Kabupaten/Kota di Riau. Namun secara umum tidak ada persoalan dalam kesiapan Riau melaksanakan UN tahun ini.

Wardan juga menambahkan bahwa pada pelaksanaan UN tahun ini juga akan lebih ketat, dan diyakini tidak akan ada kesempatan untuk melakukan 'kerjasama' oleh para siswa saat UN berlangsung. "Karena untuk tahun ini paket soalnya itu 20, jadi antara peserta dalam satu ruangan, soalnya akan beda, antara siswa yang satu dengan yang lainnya tidak akan tahu soal masing-masing," tegasnya.

Untuk Provinsi Riau sendiri, meski diberlakukan hal seperti itu, Wardan tetap optimis siswa-siswi Riau akan mampu meraih prestasi membanggakan pada UN tahun ini, prestasi yang diraih diharapkan minimal sama dengan yang diraih pada tahun lalu. 

"Karena sekolah-sekolah jauh-jauh hari juga telah melakukan persiapan bagi siswa-siswinya untuk pelaksanaan UN ini, jadi kita optimis akan mampu mempertahankan prestasi tahun lalu, atau bahkan diharapkan bisa naik," pungkasnya. (bkn)