Pembagian Laba Awang Mahmuda Mandiri Meriah

Rabu, 06 Februari 2013

BENGKALIS-Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) Awang Mahmuda Mandiri Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis menggelar Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan pada hari selasa lalu.
Pada saat bersamaan juga dilakukan pembagian laba tahun 2012 kepada anggota dalam bentuk doorprize. Hadiah  yang dibagikan dalam bentuk undian maupun langsung yang diperuntukkan bagi anggota yang tepat waktu membayarkan angsuran setiap bulan. Hadiah yang dibagikan berupa kulkas, mesin cuci, kipas angin dan kompor gas.

MDPT dan penyerahan doorprize dipusatkan di halaman Kantor Serba Guna Desa Sungai Alam, dihadiri Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat Desa BPMPD Kabupaten Bengkalis, Kades Sungai Alam, Kepala BPD, Korda UED-SP Provinsi Riau,  para pendamping desa dan masyarakat. Acara turut dimeriahkan dengan orgen tunggal.
Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat Desa BPMPD Kabupaten Bengkalis, Muhammad Syafii memberi apresiasi kepada kades dan pengelola sehingga program ini berjalan baik dan masyarakat sangat antusias. Kepada tokoh-tokoh masyarakat diharapakan dapat mendukung penuh program yang telah dicanangkankan oleh Bupati Bengkalis selama lima tahun. Desa juga diberi dana Inbup untuk program infrastruktur sebesar Rp1 miliar per desa, kemudian dana ADD dan program lainnya.

“Mohon didukung program tersebut dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harap Syafii.
Sebelumnya Kepala Desa Suangai Alam, Herman Yahya mengatakan total dana UED-SP Desa Sungai  sampai tahun 2012 sudah mencapai Rp2,5 miliar. Dana tersebut berasal dari Pemkab Bengkalis sebesar Rp2 miliar dan Pemprov Riau Rp500 juta.
"Insyaallah tahun ini akan ditambah lagi dari Pemkab Bengkalis Rp1 miliar lagi. Kepada masyarakat kita harapkan bisa memanfaatkan dana ini sehingga perekonomian masyarakat bisa terangkat melalui program-program yang kreatif," ujarnya. 
Menurut Ketua UED-SP Awang Mahmuda, Sudi Hartono, MDPT bukan hanya semata-mata bagi hadiah, tapi bagaimana pertanggunganjawaban penggunaan dana UED-SP yang telah disalurkan kepada masyarakat dan evaluasi kinerja pengurus. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah taat melakukan pengambilan dana UED-SP setiap bulannya.
Ditambahkan Pendampaing Desa, Irawan, dana UED-SP dari Pemkab Bengkalis yang telah bergulir kepada masyarakat untuk tahun 2012 sebesar Rp1,6 miliar dengan jumlah anggota sebanyak 153 orang. 
Selain mengelola dan UED-SP dari Pemkab Bengkalis yang berjumlah Rp1 miliar setiap tahunnya, UED-SP Awang Mahmuda juga mengelola dana UED-SP dari Provinsi Riau sebesar Rp500 juta.
"Dari provinsi hanya sekali dananya diserahkan, sementara dari Pemkab sudah dua kali masing-masing Rp1 miliar per tahunnya. Insyaallah tahun ini akan ditambah Rp1 miliar lagi,“ ujar Irawan.
Laba kumulatif yang telah diperoleh dari dana bergulir UED-SP Kabupaten Bengkalis tahun 2012 sebesar Rp27 juta lebih. Sementara untuk provinsi laba kumulatif yang diperoleh sebesar Rp50 juta lebih. Untuk pengelolaan UED-SP Kabupaten Bengkalis baru berjalan sekitar 8 bulan terhitung April 2012.(bku)