Banggar Belum Tuntaskan Pembahasan, Pengesahan RAPBD Molor.

Kamis, 07 Februari 2013

Ketua DPRD Bengkalis, Jamal Abdillah

BENGKALIS.Masih alotnya pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Bengkalis tahun 2013, mustahil apabila RAPBD tersebut dapat disahkan dalam minggu ini. Informasi dari kalangan wakil rakyat di Bengkalis sendiri menyebutkan kemungkinan pengesahan RAPBD yang menembus angka Rp.4,7 triliun paling cepat baru bisa disahkan minggu depan.
Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdillah yang ditanya soal jadwal pengesahan RAPBD pasca hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus), Senin (4/2) lalu, mengaku belum dapat memastikan. Hal itu dikarenakan masih adanya pembahasan anggaran dan kegiatan di sejumlah SKPD yang hingga kini belum final sehingga mustahil RAPBD dapat disahkan dalam minggu ini.
“Informasi dari kawan-kawan di Banggar DPRD, masih  ada lagi kegiatan dan anggaran di SKPD yang belum tuntas dibahas di tingkat Banggar. Rasanya dalam minggu ini RAPBD dapat disahkan mustahil, karena sampai sekarang pembahasan anggaran masih terus berlanjut antara Banggar dengan SKPD-SKPD,” ujar Jamal.
Diakuinya pembahasan anggaran memang berlangsung sangat ketat dan sedikit alot. Pihak legislatif tidak ingin kegiatan yang diusulkan SKPD terkesan mubazir, tidak memberikan dampak kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu, kalangan wakil rakyat menilai pembahasan harus dilakukan secermat mungkin, agar kebutuhan pembangunan daerah dapat terakomodir maksimal.
“Kemungkinan besar pengesahan RAPBD tahun ini paling cepat baru dapat dilakukan minggu mendatang. Di samping anggaran yang dibahas cukup besar dewan juga perlu melakukan pembahasan se-selektif mungkin serta mampu mengakomodir kepentingan masyarakat dalam berbagai sektor dalam RAPBD tersebut,”tukas Jamal menyebutkan.
Sementara itu salah satu anggota Banggar DPRD Bengkalis Abdul Rahman Jantan juga membenarkan bahwa ‘ketok palu’ atau pengesahan RAPBD belum dapat dijadwalkan. Ia sendiri menilai hingga kemarin masih cukup banyak lagi kegiatan di SKPD-SKPD yang harus dibahas bersama ditingkat banggar dengan SKPD serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Bengkalis.
“Anggaran kita cukup besar tahun ini. Pembahasan harus dilakukan selektif, agar dikemudian hari kegiatan serta anggaran yang disahkan dapat terealisasi dengan baik. Disamping itu, masih ada dilakukan ‘pembersihan’ atau dengan kata lain terjadi revisi kegiatan di beberapa SKPD yang kita nilai belum layak diajukan,”pungkas Rahman, yang juga anggota komisi IV DPRD Bengkalois tersebut.
Disambung oleh politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini, revisi kegiatan serta anggaran terjadi di beberapa SKPD. Ditanya revisi anggaran yang dilakukan di SKPD mana saja, ia enggan menyebutkan. Namun sejauh ini, pihak legislatif sendiri terus berupaya agar pembahasan bersama RAPBD dapat segera dituntaskan paling lama seminggu ke depan.
“Mudah-mudahan dalam seminggu kedepan RAPBD sudah dapat disahkan. Sebenarnya, kita di DPRD juga ingin pembahasan ini cepat berakhir, tetapi tentu tidak semudah itu, mengingat besaran nilai RAPBd itu sendiri,” tutup Rahman.(bku)