4,7 Juta Jiwa Pemilih di Provinsi Riau

Jumat, 08 Februari 2013

Wagubri Menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kepada Ketua KPU Riau T Edi Sabli

PEKANBARU-DP4 telah melalui pembersihan dengan menggunakan SIAK agar tidak ada data ganda. Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Riau HR. Mambang Mit.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk penyelenggaraan Pemilu 2014 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota kepada KPU Kabupaten/Kota.

Acara penyerahan yang berlangsung di gedung daerah Provinsi Riau Kamis (7/2) itu, dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Ketua KPU Riau T Edi Sabli, Unsur Muspida Riau dan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten/Kota di Riau.

Wagubri HR Mambang Mit membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan, DP4 merupakan pemilahan dari database kependudukan yang tingkat akuransinya sudah diperbaharui secara maksimal. "DP4 telah melalui pembersihan dengan menggunakan SIAK agar tidak ada data ganda," ujarnya.

Berbekal data ini, lanjut Mendagri, KPUD dapat segera melakukan pemutakhiran data pemilih hingga menghasilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mendagri juga memberi peluang bagi KPUD untuk mengajukan perbaikan data melalui mekanisme yang sudah ditentukan. 

"DP4 ini masih bersifat dinamis. Jika KPUD memerlukan bantuan bisa menempuh mekanisme dengan bersurat resmi," jelas Mendagri.

Ia juga menyebut, bahwa penyerahan DP4 ini dilaksanakan secara serempak di 33 provinsi dan 491 kabupaten/kota seluruh Indonesia kepada KPU tingkat provinsi dan kabupaten/kota. "Ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2014, karena DP4 ini akan menjadi bahan untuk diproses pemuktahiran data pemilih penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS),” paparnya.

Pemerintah pusat dan daerah menurutnya telah menyiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat, akuntablitas dan aktualisasi sebagai wujud tanggungjawab dari pemerintah. "Untuk Provinsi Riau ini tentunya termasuk untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur/Wakil Gubernur yang akan digelar tahun ini," jelas Mambang Mit usai acara.

Sementara Ketua KPU Riau T Edi Sabli menjelaskan, jumlah DP4 Provinsi Riau yang diterima KPU mencapai 4,7 juta jiwa, jika dibandingkan dengan tahun lalu meningkat, karena tahun lalu hanya sebanyak dulu 3,2 juta jiwa. Untuk pemutahiran DP4 ini menjadi DPT dijdwalkan pada bulan Mei hingga Juni.

"Dari DP4 ini selanjutnya akan kita lakukan pemutahiran untuk ditetapkannya DPT, kita akan melibatkan RT setempat dalam melakukan pemutakhiran data, ini guna mengihindari terjadinya pemilih ganda, mudah-mudahan dengan penerapan e-KTP, pemilih ganda akan bisa diminimalisir atau dihilangkan," tegasnya. (bkn)