MotoGP San Marino: Marquez Juara, Rossi Kokoh di Puncak

Senin, 14 September 2015

Start mulus Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi di MotoGP San Marino 2015.

Start mulus Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi di MotoGP San Marino 2015.

JAKARTA, Beritaklik.Com - Marc Marquez berhasil menjuarai MotoGP seri ke-13 di San Marino hari ini Minggu (13/9/2015), yang berlangsung dramatis ketika Jorge Lorenzo jatuh.

Data Live Timing MotoGP menyebutkan balapan digelar pukul 14:00 waktu setempat atau pukul 19:00 sebanyak 28 putaran atau menempuh jarak 118,3 kilometer.

Marc Marquez menempati posisi terdepan dengan mencatat waktu 48:23,819 setelah menjalani 28 putaran.
Podium ke-2 dan ke-3 ditempati Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) dan Scott Redding (Mac VDS Honda). Posisi keempat ditempati Loris Baz (Forward Rading Yamaha).

Valentino Rossi hanya menempati posisi 5 dengan selsisih yang sangat menyolok dari Marquez yaitu, 33,196 detik. Ini terjadi karena Rossi terlambat berganti motor untuk yang kedua kalinya setelah lintasan kembali mengering dan para pebalap kembali ke pit untuk memakai motor normal.

Kendati meraih posisi 5 dengan hanya mendapata tambahan 11 poin, Rossi makin aman di puncak klasemen, karena rival utamanya, Jorge Lorenzo yang tak lain adalah rekan setimnya, terjatuh pada lap 21. Padahal Lorenzo sudah berganti dengan motor normal lebih cepat 1 lap dari Rossi. Lorenzo terjatuh karena gagal menaklukkan tikungan dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Dengan tambahan 11 poin, Rossi kian kokoh di puncak klasemen dengan 247 poin atau unggul 23 poin dari Lorenzo yang harus pulang tanpa poin. Sementara itu, Marquez mendapat tambahan 25 poin menjadi 184 dan masih terpaku di posisi ke-3.

Balapan digelar di Sirkuit Misano Adriatico, San Marino sebanyak 28 putaran. Misano Adriatico memiliki panjang lintasan 4,2 kilometer, artinya balapan menempuh jarak 118,3 kilometer.


Berikut ulasan lap demi lap berdasarkan data Analysis By Lap laman motogp.com.


Lap 1-5

Lorenzo, Marquez, dan Rossi mulus melakukan start sehingga formasi podium Lorenzo-Marquez-Rossi bertahan hingga lap 5. Rossi sempat mendapat tekanan dari Pedrosa, tetapi hal itu hanya berlangsung sekitar 3 lap karena performa Pedrosa langsung merosot.

Lap 6: Ganti Motor basah

Perubahan cuaca yang drastis dari cerah menjadi gerimis dan hujan ringan membuat para pebalap memasukki pit stop pada Lap 6 untuk mengganti motor dengan motor khusus untuk lintasan basah atau hujan.

Lorenzo-Rossi-Marquez masuk pit secara bersamaan pada lap 6. Sempat terjadi insiden ketika Marquez ngotot menyalip Rossi dan mau menyalip Lorenzo sekaligus. Padahal batas kecepatan di lintasan pit stop adalah 60 kilometer perjam.

Lap 7-13

Marquez mendahului Lorenzo, sehingga formasi menjadi Marquez-Lorenzo-Rossi. Formasi podium tersebut berahan hingga lap 13. Ketika Marques dan Lorenzo bertarung sengit, Rossi terus mencuri peluang untuk menyodok ke posisi 2.

Lap 14-15: Rossi salip Marquez

Rossi berhasil memanfaatkan pertarungan sengit Lorenzo-Marquez dengan menyalip Marquez pada lap 14. Formasi podium saat menyentuh garis finish di Lap 14 berubah menjadi Lorenzo-Rossi-Marquez dan formasi itu bertahan hingga lap 15.

Lap 16-18

Lintasan basah menjadi makanan empuk Rossi. Rossi pun dengan mudah menyalip Lorenzo, sehingga formasi podium saat menyentuh garis finish di Lap 16 adalah Rossi-Lorenzo-Marquez.

Formasi itu bertahan hingga lap 18, ketika secara tiba-tiba kondisi cuaca kembali cerah dan lintasan mulai mengering. Hal itu dimanfaatkan Marquez untuk masuk pit stop mengganti motornya kembali dengan motor untuk normal.

Lap 19

Rossi masih memimpin terdepan diikuti Lorenzo. Kedua pebalap masih menggunakan motor tipe basah. Rossi dan Lorenzo saling intip dan saling menunggu untuk masuk pit stop.

Lap 20

Berada di Belakang Rossi, ternyata hal ini dimanfaatkan Lorenzo untuk masuk pit stop, sementara Rossi terlanjur melenggang dengan masih menggunakan motor basah.

Lap 21

Rossi akhirnya masuk pit stop berganti dengan motor normal, namun semuanya sudah terlambat karena Marques dan Lorenzo sudah melaju kencang dengan motor normal untuk tipe lintasan kering.

Namun, Rossi mendapat posisi yang sangat diuntungkan saat Lorenzo terjatuh di Lap 21 dan tidak dapat melanjutkan balapan. Rossi memang tidak mungkin mengejar posisi podium, namun dengan hengkangnya Lorenzo, hal itu membuat posisi Rossi di puncak klasemen aman.

Hal itu karena Lorenzo yang berada di posisi 2 harus pulang tanpa poin. Sementara itu, Rossi menempati posisi 5 saat keluar lintasan dengan motor normal pada lap 21. Formasi 5 besar pada lap 21 adalah Marquez-Bradley Smith (Monster Tech Yamaha 3)-Scott Redding (Marc VSD Honda)-Loris Baz (Forward Racing Yamaha)-Rossi.


Lap 22-28

Formasi podium Marquez-Smith-Redding bertahan hingga lap terakhir atau lap 18. Marquez menyentuh garis finish sebagai juara dengan catatan waktu 48:23,819 (42 menit 23,819 detik).

Smith finish 7,288 di belakang Marquez, diikuti Redding yang berselisih waktu 18,793 dari Marquez. Rossi finish di posisi 5 dengan jarak 7,769 detik dari Baz di posisi 4, sedangkan jarak Marquz-Rossi sangat menyolok yaitu 33,196 detik.

Namun hal ini sudah cukup bagi Rossi untuk mengunci posisi puncak klasemen dari kejaran Lorenzo apalagi Marc Marquez yang berada di posisi 3 terpaut 63 poin dari Rossi. Berikut hasil selengkapnya MotoGP 2015 seri ke-13 di Sirkuit Misano Adriatico, San Marino.
(Bki)