CARA: Hemat Listrik di Rumah

Rabu, 13 Februari 2013

ilustrasi

LISTRIK adalah hal yang paling penting dan paling banyak digunakan di dunia saat ini atau sekaligus juga harus saya katakana adalah  yang paling SIA-SIA kan. Di sini kita akan membahas beberapa KEBIASAAN BURUK dan KESALAHAN sehingga akan meningkatkan tagihan listrik kita.

  1. Pengisian (Charge) Hand Phone: Hal ini banyak orang-orang tidak memperhatikan dan mengikuti petunjuknya. Memang sangat sederhana tindakan ini, namun kebanyakan orang-orang tidak pernah mau tahu dan malahan tidak perduli, ketika kita mengisi HP kecendrungan kita meninggalkan begitu saja dan membiarkan pengisian tersebut meskipun pengisian sudah full (penuh). Sebagian HP jika pengisian sudah full maka akan ada pemberitahauan dan meminta kita segera mencabut pengisian tersebut. Dengan mengkontrol pengisian (charge) Hand Phone kita dapat menghemat listrik dan juga dapat menjaga lifetime (usia hidup) ketahanan baterai HP dan HP itu sendiri.
  2. Setrika Pakaian: Prilaku kebanyakan orang-orang adalah selalu mencabut-pasang choke seterikaan dari socket sumber listrik, apalagi jika seterikaan tersebut terlalu panas. Pada dasarnya orang menyeterika adalah dengan cara memanaskan elemen listrik didalam seterikaan untuk memanaskan bagian bawah dari permukaan seterika agar bisa menyetrika pakaian atau kain yang ingin diseterika. Jika kita hanya ingin menyetrika pakaian hanya satu, setelah itu dalam beberapa jam kemudian nyetrika lagi, maka berapa energi listrik yang dibutuhkan untuk memanaskan permukaan bawah seterika tersebut dalam rentang waktu yang tidak bersaman?, karena untuk memanaskan permukaan bawah seterika tersebut membutuhkan beberapa kali tenaga listrik untuk memanaskan elemen seterika setiap waktu. Sebaiknya saran kami, persiapkan sedini mungkin jumlah pakaian atau kain yang akan di seterika sekaligus. Apalagi banyak jenis atau produk seterika saat ini yang sudah cukup baik dan modern yang dapat mengatur temperatur panas dari sistim teknologinya tanpa harus mencabut pasang setiap waktu choke nya, dengan demikian pembayaran listrik anda tidak naik.
  3. Mematikan Peralatn Listrik yang tidak harus ON: Yang satu ini adalah kebiasaan buruk dari banyak orang. Jika kita tidak sedang memakai Komputer (PC/Personal Computer), Laptop, Printer, alat pengusir nyamuk, ketika mempergunakan mixer dan membiarkannya hidup dalam waktu yang relatif lama, mesin cuci, oven, microwave sebaiknya OFF kan dan jangan dibiarkan ON, jika kebiasaan buruk ini kita tinggalkan, mudah-mudahan tagihan anda akan jauh lebih sedikit  bulan depan.
  4. Melupakan peralatan listrik yang dalam posisi ON: yang dimaksud disini adalah lupa mematikan peralatan listrik, diantaranya lupa mematikan lampu yang memang seharusnya tidak di perlukan lagi untuk dihidupkan, misalnya lampu dikamar mandi, ruang dapur, ruang tamu dan  lupa mematikan pemanas air dikamar mandi, lupa mematikan kipas angin, membiarkan televisi hidup sementara tidak ada orang-orang yang sedang menonton televisi dirumah, juga membiarkan pompa air yang hidup terus menerus sehingga air dalam penampungan melimpah, atau tidak mengontrol alat otomat pompa air, apakah ada yang rusak atau tidak, dan juga mengechek pipa saluran air dirumah apakah ada kebocoran, karena pipa air yang bocor akan mempengaruhi hubungan listrik yang di kontrol oleh otomat pompa sebagi saklar ON/OFF pompa air. Dengan cara menonaktifkan peralatan listrik ini akan menghemat sejumlah listrik di rumah.  
  5. Tidak memaksimalkan Sumber Daya Alam sebagai penerangan. Kesalahan ini adalah hal yang sangat umum dilakukan orang-orang, misalnya bagaimana kita memaksimalkan sinar matahari masuk kedalam ruangan sebagai penerangan ruangan untuk mengganti penerangan dari lampu yang mempergunakan sumber listrik, hal ini bisa disikapi dengan tidak memasang tirai (kain penutup pintu) tidak dari bahan yang gelap dan tebal, pilihlah dari bahan yang terang dan tipis untuk membantu penyinaran dalam ruangan. Juga bisa memperbanyak ventilasi udara dalam ruangan agar angin akan masuk secara alami sehingga ruangan tidak panas dan sejuk yang tidak membutuhkan lagi kipas angin atau AC yang membutuhkan daya listrik. Mungkin dengan langkah ini anda akan terbebas dari pembayaran listrik yang besar setiap bulan.

Oleh karena itu dengan menghindari dan memperbaiki kesalahan pada yang disebutkan di atas, Anda dapat meminimalkan tagihan listrik Anda dan apalagi menghemat listrik untuk generasi mendatang juga.(bk.1)